Muncul Situs PeduliLindungi Palsu, Warga Jangan Sampai Tertipu

Muncul Situs PeduliLindungi Palsu
Aplikasi PeduliLindungi pada ponsel pintar. Waspada situs palsu PeduliLindungi. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Kini beredar situs PeduliLindungi palsu, hal ini mengharuskan warga untuk berhati-hati dan jangan sampai tertipu. Platform PeduliLindungi saat ini jadi salah satu hal penting di masa pandemi COVID-19.

Pemerintah mewajibkan sejumlah pelayanan publik dan fasilitas umum untuk memakai platform PeduliLindungi sebagai syarat administrasi.

Sayangnya, hal itu malah dimanfaatkan oleh oknum yang ingin mengambi keuntungan di balik adanya platform PeduliLindungi.

Bacaan Lainnya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghimbau masyarakat waspada terhadap situs palsu pelacakan kontak COVID-19 punya pemerintah, PeduliLindungi.

“Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun,” ujar juru bicara Kominfo, Dedy Permadi, Kamis (9/9/2021).

Beredar di dunia maya situs pedulilindungia.com, dengan tampilan serupa dengan situs resmi PeduliLindungi. Tidak cuma mirip, situs itu turut menggunakan logo dan gambar PeduliLindungi.

Kominfo menegaskan situs pedulilindungia.com adalah palsu, pemerintah tidak menggunakan situs itu untuk menangani COVID-19.

Diketahui, situs resmi PeduliLindungi adalah pedulilindungi.id.

“Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun,” tegas Dedy.

Kementerian Kominfo telah memutus akses kepada situs palsu tersebut.

“Kementerian Kominfo telah memutus akses terhadap situs pedulindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id,” uajr Dedy.

Pos terkait