Peringatan Kebakatan Hutan, Jokowi: Hati-hati Jambi

Presiden Jokowi pantau kebakaran hutan. (Biro Pers Kepresidenan)
Presiden Jokowi pantau kebakaran hutan. (Biro Pers Kepresidenan)

Peringatan Kebakatan Hutan, Jokowi: Hati-hati Jambi

Jambi Seru, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalakan alarm waspada terhadap isiden kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di Indonesia. Untuk itu, dia mengingatkan kepada jajaran Pemerintah Provinsi untuk melakukan pencegahan serta penanggulangan.

BACA BERITA JAMBI LAINRampok Gasak Isi Brankas Bank Jambi, Satpam Ditodong Lalu Diikat

Bacaan Lainnya

Jokowi menyebut jika sudah mulau muncul titik api di Kabupaten Siak dan Kabupaten Dumai yang berada di Provinsi Riau beberapa waktu lalu. Dia meminta agar hal tersebut untuk segera diatasi.

“Dua minggu lalu sudah mulai ada api di Siak, Kabupaten Siak, Dumai untuk segera padamkan. Padamkan, jangan sampai tambah dua, tambah tiga, tambah lima. Setop waktu muncul satu. Hanya itu yang bisa kita lakukan agar api tidak membesar. Kalau sudah gede, apalagi kalau masuk ke lahan gambut, ke pitland lebih sulit lagi,” sambungnya dilansir Suara.com–media partner Jambiseru.com.

Meski telah menghabiskam banyak air untuk upaya pemadaman, hal tersebut masih belum selesai. Sebab, meski api sudah berangsur padam, asap tebal masih menjadi momok dewasa ini.

“Dikocorin berapa ton air pun juga atasnya saja yang apinya padam, bawahnya masih panas. Asapnya masih keluar karena bawahnya masih api. Hal-hal seperti ini yang harus terus kita sadarkan kepada masyarakat kita,” papar Jokowi.

Jokowi kembali mengingatkan pada jajaran Pemerintah Provinsi mulai dari Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan, hingga Papua untuk tetap wasapda. Selain itu, dia meminta seluruh Pemerintah Provinsi di Pulau Jawa hingga di Nusa Tenggara Timur melakukan antisipasi.

BACA BERITA JAMBI LAINViral Video Pemukulan Remaja Putri di Kerinci karena Kesal Diejek

“Hati-hati sekali lagi Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumaterea Selatan. Meskipun provinsi-provinsi yang lain juga hati-hati. Kalimantan Selatan, kalimantan Barat, kalimantan Tengah juga hati-hati meskipun sangat kecil. Kalimantan Timur disitu hati-hati betul dan provinsi-provinsi di Jawa maupun di Sulawesi, NTT NTB sampai Papua, semuanya hati-hati,” papar Jokowi. (put)

Pos terkait