Habib Rizieq Shihab Mengaku Sempat Ragu Hadiri Reuni 212: Pembebasan Bersyarat Khawatir Dicabut

Reuni 212
Kegiatan Reuni 212 yang digelar di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah. (pikiran-rakyat.com)

Jambi Seru – Habib Rizieq Shihab mengaku sempat ragu hadiri Reuni 212 di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pada Jumat (2/12/2022). Menurutnya, hal ini disebabkan karena pembebasan bersyarat khawatir dicabut.

Diungkapkan Habib Rizieq Shihab, dirinya mengetahui adanya kegiatan Reuni 212, dari media sosial yang menyatakan dirinya akan hadir. Ini sebelum ia menerima undangan dari panitia.

Usai mengetahui adanya kegiatan tersebut, dirinya langsung mengumpulkan seluruh pengacaranya. Habib Rizieq kemudian berkonsultasi mengenai dampaknya jika ia menghadiri acara tersebut.

Bacaan Lainnya

“Ini saya cepat tanggap walaupun panitia belum datang saya kumpulkan pengacara saya, saya tanya mereka ini ada panitia bersama saya belum bertemu mereka, katanya mau undang saya dan saya sendiri belum tahu acaranya, saya minta pertimbangan hukum pada pengacara,” kata Rizieq di acara Reuni 212, seperti dikutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Habib Rizieq Sempat Ragu Hadiri Reuni 212, Kumpulkan Pengacara Khawatir Pembebasan Bersyarat Dicabut.

Namun lanjut Rizieq, berdasarkan penjelasan tim kuasa hukumnya bahwa menghadiri kegiatan Reuni 212 tidak menjadi permasalahan asalkan murni kegiatan ibadah.

“‘Secara hukum habib hadir reuni nggak masalah bahkan (hadir) demo sekalipun (tak masalah) tapi secara de facto bisa timbulkan masalah’,” ucapnya menirukan perkataan pengacara.

“Tapi kata pengacara kalau bentuknya seperti lalu-lalu shalat tahajud, shalat subuh, dzikir itu enggak ada masalah, habib yang penting orasinya keagamaan bukan orasi demonstrasi,” ujarnya menambahkan.

Pos terkait

banner pln