Geopark Merangin Jambi Indonesia Mulai Dinilai Unesco

Wabup Merangin, Nilwan Yahya. (Merangin.Jambiseru.com)
Wabup Merangin, Nilwan Yahya. (Merangin.Jambiseru.com)

Jambi Seru – Geopark Merangin, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Indonesia, mulai dinilai atau diasesessment oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Jelang assesmen oleh tim evaluator Unesco Global Geopark (UGG) pada 06 -11 Oktober 2022 mendatang, Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya bersama rombongan, memantau kondisi Geopark di sejumlah titik, Sabtu (01/10/2022).

Pertama wabup didampingi Mala konsultan yang menyusun dossier Geopark Merangin-Jambi dari Malang dan Lena dosen Fakultas Saintek Unja yang juga Geologis ahli bebatuan, bersama rombongan memantau kawasan Teluk Wang Sakti.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya wabup yang juga didampingi GM Geopark Merangin Dr Agus, Kadis PUPR Zulhifni, Kadis Kominfo M Arief, Kadis Pertanian Selamet, Kadis Sosial Elvis, Kadis Perizinan Ibrahim dan pejabat lainnya memantau kawasan Air Terjun Mengkaring.

“Alhamdulillah sudah dua titik kawasan Geopark Merangin-Jambi yang kita pantau bersama tim. Berbagai persiapan harus kita tingkatkan lagi, termasuk kebersihannya. Sebab tidak boleh ada sampah pelastik di kawasan itu,” ujar Wabup.

Wabup mengajak semua pengunjung di dua lokasi itu, untuk bersama-sama menjaga kebersihan. Nilwan juga melihat masih kurangnya tempat sampah yang disediakan di dua titik kawasan Geopark Merangin-Jambi tersebut.

Menariknya rombongan wabup yang tiba di Air Terjun Mengkaring sekitar pukul 12.15 Wib, usai melakukan penantauan sampai ke bantaran Sungai Batang Merangin, langsung makan siang bersama di kawasan yang berpanorama menarik itu.

Selanjutnya wabup bersama rombongan melakukan pemantauan Geopark Merangin-Jambi ke kawasan Desa Air Batu. Wabup tidak hanya turun ke sungai memantau bebatuan Geopark, tapi juga memantau Taman Geopark Merangin-Jambi.

Pos terkait