Jelang Pilpres 2024, Ganjar Pranowo Dapat Dukungan dari Petani Sawit

para petani kelapa sawit indonesia secara resmi mendeklarasikan dukungan mereka untuk ganjar pranowo sebagai calon presiden republik indonesia untuk periode 2024 2029
Para petani kelapa sawit Indonesia secara resmi mendeklarasikan dukungan mereka untuk Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024 - 2029. (Ist)

JAKARTA, Jambiseru.com – Jelang pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo mendapat dukungan dari petani kelapa sawit Indonesia. Dukungan tersebut dinyatakan dalam acara deklarasi.

Dalam acara deklarasi yang digelar di Jakarta tersebut, dihadiri oleh perwakilan petani, kelompok tani, gapoktan, serta koperasi perkebunan sawit dari seluruh penjuru Indonesia. Mereka menyatakan akan mendukung Ganjar sebagai Presiden Indonesia 2024-2029.

Mansuetus Darto, yang menjadi juru bicara deklarasi ini untuk mendukung Ganjar Pranowo, mengungkapkan bahwa dukungan ini didasari oleh keyakinan bahwa Ganjar Pranowo telah memperjuangkan kepentingan para petani secara konsisten.

Bacaan Lainnya

Melalui berbagai inisiatif dan layanan yang telah diberikan kepada petani kelapa sawit di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah membuktikan komitmennya kepada petani. Oleh karena itu, mereka melihat Ganjar Pranowo sebagai pilihan yang tepat untuk memajukan petani di sektor perkebunan kelapa sawit di seluruh Indonesia selama periode mendatang.

Ganjar Pranowo juga turut ambil bagian dalam deklarasi ini secara virtual. Menurutnya, para petani kelapa sawit memiliki peran strategis yang penting. Pemerintah akan fokus pada upaya hilirisasi kelapa sawit yang berbasis pada keterlibatan petani kelapa sawit.

Hal ini diharapkan akan memberikan nilai tambah yang besar bagi semua pihak, terutama petani kelapa sawit di Indonesia. Dalam penutupannya, Ganjar Pranowo menginstruksikan agar petani kelapa sawit terus bekerja keras untuk mencapai tujuan bersama dengan semangat yang tinggi.

Ada empat poin utama yang disampaikan oleh para petani kelapa sawit dalam deklarasi ini:

1. Meningkatkan konsolidasi di antara kelompok tani, kebun kelapa sawit, dan desa-desa perkebunan kelapa sawit rakyat.

2. Mengusung pesan tentang keberlanjutan dan semangat untuk meningkatkan kemandirian, kesejahteraan, dan keberlanjutan kelapa sawit rakyat Indonesia.

3. Mendorong upaya peningkatan nilai tambah hasil perkebunan melalui hilirisasi kelapa sawit berdasarkan pada kelembagaan ekonomi petani, desa, dan perdesaan guna meningkatkan ketahanan ekonomi petani kelapa sawit.

4. Memperluas layanan kesehatan gratis, pendidikan anak petani, dan asuransi pertanian sebagai langkah untuk mengatasi fluktuasi harga dan dampak perubahan iklim.

Darto menekankan bahwa keempat poin ini mencerminkan aspirasi politik para petani kelapa sawit dan akan menjadi dasar konsolidasi yang akan dilakukan oleh petani kelapa sawit di seluruh Indonesia untuk memenangkan Ganjar Pranowo dalam pemilihan Presiden periode 2024 – 2029 mendatang.

“Dalam proses konsolidasi ini, kami akan melibatkan semua organ kelompok tani, gapoktan, dan koperasi di desa perkebunan kelapa sawit yang memiliki ribuan anggota petani kelapa sawit,” tegas Darto. (tra)

Sumber: iNews.id

Pos terkait