Harga Ikan Nila Melambung Tinggi, Ini Penyebabnya

Ikan nila
Ikan nila. (Ist)

Jambiseru.com – Sudah beberapa pekan ini harga ikan nila melambung tinggi. Di Kabupaten Muaro Jambi, harga ikan nila di tingkat pedagang sudah tembus Rp 35 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya harga ikan nila hanya berkisar Rp 25 ribu per kilogramnya.

Dari informasi yang berhasil dirangkum, kenaikan ini sudah terjadi sejak satu bulan terakhir. Kenaikan ini terjadi akibat tingginya harga pakan ikan.

Kadis Perikanan dan Kelautan Muaro Jambi, Paruhuman Lubis menyebutkan, kenaikan harga jual ikan nila ini memang disebabkan oleh tingginya harga pakan. Memang hal ini sudah menjadi hukum pasar.

Bacaan Lainnya

“Untuk mengatasi itu, kemarin kita sudah ada rapat dengan provinsi dan juga orang-orang pakan yang ada di Muaro Jambi dan Kota Jambi,” kata Paruhuman Lubis.

“Selanjutnya, kita akan panggil para pengepul ikan dan juga yang mempunyai agen-agen penjual ikan untuk menemukan titik temunya. Kalau bisa kita akan menetapkan sesuai dengan harga pakan,” tambahnya.

Dijelaskan pria yang akrab disapa Ucok ini, jika biaya produksi sekitar Rp14.000 sampai Rp15.000. Idealnya harga jualnya bisa Rp 16 ribu perkilogramnya.

“Jadi ada keuntungan dari para peternak juga, selama ini, harga pakan jadi keluhan,” ujarnya.

Pos terkait