Aksi Tabur Bunga Korban Lakalantas Mahasiswa Jambi

Aksi Tabur Bunga Korban Lakalantas Mahasiswa Jambi
Aksi Tabur Bunga Korban Lakalantas Mahasiswa Jambi. Foto: Rahmadhoni Yusal/Jambiseru.com

Jambi Seru – Ratusan mahasiswa Universitas Jambi (Unja) melakukan aksi tabur bunga untuk korban laka lantas di Jalan Jambi- Muara Bulian, tepatnya di depan Kampus Unja Mendalo, Kamis (22/9/2022).

“Aksi hari ini adalah bentuk solidaritas dan prihatin atas musibah yang menimpa teman kita, tidak hanya mahasiswa saja namun korban yang berjatuhan juga ada dari kalangan masyarakat umum,” kata Koordinator Lapangan, Vikry Haykal.

Ia menambahkan, ini adalah bentuk konflik horizontal yang tercipta akibat ulah pemangku kekuasaan yang rakus, ribuan kendaraan tumpah ruah memadati jalan raya yang telah melebihi kapasitasnya.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Harga Sawit Jambi Hari Ini 23 September

Kata dia, janji Pemerintah Provinsi untuk membentuk jalur khusus truk pengangkut Batubara dan sejenisnya tentu memakan waktu yang panjang.

“Lantas apakah menjelang jalan itu rampung lalu kita biarkan saja korban berjatuhan, tentu tidak,” ujarnya.

Ia berharap, pemerintah dengan segala instrumenya harus bertanggung jawab atas darah yang telah tumpah, nyawa yang telah melayang, polusi udara, polusi suara yang ada di sepanjang jalan raya lintas Jambi-Muara Bulian. Dan segala bentuk konflik horizontal yang disebabkan oleh operasi kendaraan pengangkut hasil tambang dan pertanian.

Baca Juga : 31 Persen Masyarakat Setuju Duet Prabowo-Jokowi di Pilpres 2024

“Melalui aksi solidaritas ini, mengutuk segala bentuk ketidak pedulian pemerintah kepada musibah laka lantas yang telah mengorbankan nyawa mahasiswa dan masyarakat umum di sepanjang Jalan Jambi-Muara Bulian khususnya. Kami anggap pemerintah abai atas permasalahan, kesulitan dan derita yang rakyat alami saat ini,” sebutnya.

Ia bersama mahasiswa lainnya mendesak kepada Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di jalan raya untuk mewujudkan rasa aman dan adil kepada seluruh pengguna jalan raya Lintas Jambi – Muara Bulian khususnya.

“Menurut data yang kami himpun dari website BPS Muaro Jambi bahwa telah terjadi 50 korban meninggal dunia pada tahun 2018, 49 korban jiwa pada 2019, 46 korban jiwa pada tahun 2020 akibat laka lantas,” tutupnya. (uda)

Baca Juga : Baru 14 Orang Mendaftar jadi Panwascam di Bawaslu Batanghari

Pos terkait

banner pln