Penyebab Karhutla, Polda Jambi Amankan 4 Orang

  • Whatsapp
Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Edi Faryadi. Foto: Yogi/Jambiseru.com
Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Edi Faryadi. Foto: Yogi/Jambiseru.com

Penyebab Karhutla, Polda Jambi Amankan 4 Orang

JAMBISERU.COM – Kepolisian daerah (Polda) Jambi dan jajarannya telah mengamankan dan menetapkan empat orang pelaku atau tersangka pembakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Dampak Covid-19, Angka Pernikahan di Muara Bulian Menurun

“Untuk pelaku pembakaran hutan dan lahan dari Januari hingga Juli Polda Jambi telah berhasil mengamankan empat orang pelaku perorangan,” ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jambi, Kombes Pol Edi Faryadi, di Jambi Kamis (9/7/2020).

Kata Edi, keempat orang tersebut merupakan pelaku pembakaran lahan sistem perorangan, yang pertama ada di Kabupaten Tanjab Timur, kemudian ada juga di Tanjab barat serta di Kabupaten Tebo.

Selama enam bulan terakhir ini, Polda Jambi dan jajarannya berhasil mengamankan empat orang pelaku pembakaran lahan yang diamankan, masing masing satu pelaku di Tanjab Barat dan Tanjab Timur dan dua orang lagi di Kabupaten Tebo.

“Semua pelaku saat ini sedang dalam proses penyidikan itu dilakukan penyidik di polres masing masing,” terangnya.
Edi menambahkan, untuk keempat pelaku saat ini sudah dilakukan penyidikan, satu orang tersangka saat ini dilimpahkan ke Kejaksaan Tanjab Barat, sedangkan tiga pelaku dalam tahap penyelidikan.

“Mereka para pelaku perorangan hanya membakar sekitar dua hingga empat hektar dengan tujuan adalah untuk membuka lahan perkebunan,” tambahnya.

Edi Faryadi juga mengingatkan kepada keseluruhan masyarakat, jangan membuka lahan dengan cara membakar. Karena itu dapat berakibatkan terjadinya kebakaran lahan.

Baca Juga : Kejati Jambi Terima Berkas Perkara Dari Dua Perusahaan Sawit

“Harapan kita kepada masyarakat jangan ada lagi terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan cara bakar hutan, itu akan berdampak kepada kesehatan dan juga kepada alam yang ada di Provinsi Jambi,” tutupnya. (Yog)

Pos terkait