Ciri dan Gejala Anak Kena Stunting

sosialisasi stunting di desa rantau pandan kecamatan rantau pandan kabupaten bungo.
Sosialisasi Stunting di Desa Rantau Pandan Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo.Foto: Jambiseru.com

BUNGO, JambiSeru.com – Anak yang kena stunting bisa dilihat dari ciri ciri dan gejala khusus. Ini sangat berbahaya bagi anak.

Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Yuslidar SP, menyampaikan, ciri-ciri anak stunting ditandai dengan postur tubuh pendek dan jauh berbeda dengan anak seusianya.

“Selain itu ada juga gejala gejala lain yang bisa terlihat,” jabar Yuslidar, saat sosialisasi program percepatan penurunan stunting di wilayah khusus bersama mitra, di Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo, Kamis (12/10/2023).

Bacaan Lainnya

Gejala lain anak stunting itu ialah :

1. Berat badan anak lebih rendah ketimbang anak seusianya.

2. Pertumbuhan tulang terhambat, sehingga tulang tampak lebih pendek.

3. Mudah terpapar penyakit.

4. Mengalami gangguan belajar, seperti kurang fokus atau nilai yang rendah.

5. Mengalami gangguan tumbuh kembang, terutama dalam fisik.

Untuk diketahui, sosialisasi program percepatan penurunan stunting di wilayah khusus bersama mitra ini, diadakan BKKBN bersama mitra.

Sosialisasi ini dilakukan di beberapa titik. Sosalisasi di Desa Rantau Pandan Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo ini dihadiri anggota DPR RI Komisi IX Drs Zulfikar Ahmad, perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Yuslidar SP, Plt Kepala Dinas Sosial P2KB P3A Dra Novalia Eka Putri, Camat Rantau Pandan Sapuan (perwakilan sekcam), Andriansyah, dan Babinsa serta Babinkamtibmas.

Sosialisasi juga diisi materi 2 anak lebih baik dan macam macam kontrasepsi bagi pria dan wanita. Acara diikuti antusias oleh masyarakat setempat.

Lalu sosialisasi ini ditutup dengan pemberian door prize kulkas, mesin cuci, strika, rice cooker dan kompor gas. (nas)

Pos terkait