Gunung Kerinci Meletus, Pemprov Jambi Perjuangkan Jalur Evakuasi

Gunung Kerinci Erupsi
Gunung Kerinci Erupsi yang kembali erupsi dan semburkan abu vulkanik. (ist)

Jambi Seru – Gunung Kerinci meletus pagi ini, Rabu (11/1/2023). Terlihat gunung kerinci semburkan abu vulkanik setinggi 900 meter ke udara. Terkait meletusnya Gunung Kerinci, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi langsung bertindak, melakukan pembahasan untuk memperjuangkan jalur evakuasi Gunung Kerinci.

Menurut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman, jalur tersebut akan menembus wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat. Dengan jalur ini, nantinya proses evakuasi akan lebih mudah dan cepat.

“Jalur ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk bersiaga menghadapi kemungkinan gunung erupsi. Karena dalam beberapa waktu bekalangan ini Gunung Kerinci sudah beberapa kali erupsi,” sebutnya.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Sudirman, jalur evakuasi alternatif ini sebenarnya sudah beberapa kali didiskusikan. Pihak pemprov juga sudah mulai merintis upaya membuka jalur tersebut.

“Karena menembus TNKS, maka akan kita bahas lagi dengan Kementrian KLHK,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jambi, Al Haris juga sudah menyebutkan kalau Pemprov Jambi sudah berupaya keras membuka jalur evakuasi alternatif. Mengingat sejak beberapa bulan ini, Gunung Kerinci kian aktif.

Disebutkan Al Haris, pada tahun 2022 lalu, Pemprov Jambi telah membuat perencanaan untuk jalur evakuasi. Tapi jalur tersebut terkendala, lantaran jalur dari arah Kerinci menuju Kabupaten Merangin melalui Renah Kemumu harus melewati wilayah TNKS.

“Karena melewati Hutan TNKS, masih panjang prosesnya untuk membuat jalur evakuasi ini,” katanya.

Sedangkan untuk jalur kedua, yaitu jalur dari Renah Pemetik Kabupaten Kerinci menuju Kabupaten Bungo, saat ini sudah dirancang. Tapi lagi-lagi terkendala izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, lantaran melewati kawasan TNKS.

“Semua kita lakukan dan itulah kendala kita selama ini, karena ada hutan yang sedikit saja itu butuh izinnya sangat lama dari pusat dan ini kita terus coba terobos. Insyaallah, mudah-mudahan akan berhasil dan kita sudah siapkan desain dengan lengkap tinggal lagi pembangunannya,” tandas Al Haris. (tra)

Pos terkait

banner pln