Denda Rp 5 Juta Menanti Pengusaha Kota Jambi, Jika Langgar Protokol Kesehatan

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Jambi, Abu Bakar. Foto: Yogi/Jambiseru.com
Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Jambi, Abu Bakar.Foto: Yogi/Jambiseru.com

Denda Rp 5 Juta Menanti Pengusaha Kota Jambi, Jika Langgar Protokol Kesehatan

JAMBISERU.COM – Terhitung mulai Senin (8/6/2020), Peraturan Wali Kota (Perwal) Jambi, nomor 21 Tahun 2020 tentang pedoman penaganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) akan diberlakukan. Bagi masyarakat Kota Jambi yang kedapatan tidak memakai masker akan didenda Rp 50 ribu.

Baca Juga : Warga Mulai Jarang Pakai Masker, Bupati Merangin Al Haris Sosialisasikan New Normal

Bacaan Lainnya

Tak hanya masyarakat, para pelaku usaha di Kota Jambi juga bakal kena denda. Bahkan denda yang dikenakan besarnya mencapai Rp 5 juta. Jika dalam menjalankan usahanya, tidak menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan juru bicara (jubir) penanganan Covid-19 Kota Jambi, Abu Bakar, katanya, Perwal ini akan diberlakukannya Senin (8/6/2020). Saat ini pihaknya masih melakukan sosialisai terlebih dahulu.

“Diberlakukannya Senin (8/6/2020), saat ini kita melakukan sosialisai terlebih dahulu,” ujarnya saat dikonfirmasi Biru (Jambiseru.com), Rabu (3/6/2020).

Kata Abu, Perwal ini dibuat dalam pencegahan dan memutuskan mata rantai Covid-19. Didalam Perwal juga disebutkan jika kedapatan tidak memakai masker akan didenda Rp 50 ribu.

Namun, uang denda ini, kata Abu, tidak dimaksukan dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD). Melainkan hanya membuat efek jera.

“Jangan disalahkan ya, uang denda ini tidak jadi PAD. Namun, untuk membuat efek jera ke masyarakat,” tegasnya.
Untuk yang diberi wewenang dalam perwal ini, kata Abu, seperti Tim gugus tugas penanganan Covid-19, Satpol PP, dan Polri.

“Yang mengawasinya Polri, Dinas Kesehatan dan Satpol PP,” tutupnya.

Dalam Perwal Nomor 21 Tahun 2020 tentang pedoman penaganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), pada pasal 7 ayat 1,2,3,4,5 juga disebutkan, setiap pelaku usaha yang tidak memenuhi prokotokol kesehatan Covid-19 akan didenda sebesar Rp 5 juta.

Baca Juga : Video Haru Pertemuan Gadis Jambi yang Hilang dengan Keluarganya

Sementara, di dalam pasal 8, diberlakukan terhadap masyarakat, yang tidak memakai masker akan didenda sebesar RP 50 ribu. (Yog)

Pos terkait