Kodim 0415/Jambi Turut Pantau Wilayah Pemukiman Rawan Banjir

kodim 0415 jambi
Personil Kodim 0415/Jambi saat pantau wilayah rawan banjir. Foto : Dok Kodim 0415/Jambi

JAMBI, JambiSeru.com – Guna mengantisipasi dan meminimalisir dampak kerugian yang bisa ditimbulkan akibat bencana alam khususnya banjir, Kodim 0415/Jambi melalui para Danramil jajaran beserta Babinsanya terus pantau lingkungan dan pemukiman rawan banjir.

Selain upaya pemantauan tersebut, upaya pencegahan dan mitigasi bencana sangat efektif untuk mengurangi serta menanggulangi risiko bencana. Rangkaian upaya yang dilakukan dapat berupa perbaikan dan modifikasi lingkungan fisik maupun penyadaran serta peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Dandim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono menegaskan dan memerintahkan kepada para Danramil jajaran beserta para Babinsanya, agar sering-sering turun ke wilayah binaannya untuk memantau penanggulangan bencana dan tanah longsor (Gulbencal) di masing-masing wilayah binaannya.

Bacaan Lainnya

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 415-06/Pijoan terus memantau lingkungan dan pemukiman dari banjir di Desa Pematang Jering Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi, akibat hujan yang hampir sering turun setiap hari, Senin (01/01/2024).

“Menjadikan masyarakat yang tangguh menghadapi bencana dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan cara mengubah paradigma, meningkatkan pengetahuan dan sikap, termasuk membuat masyarakat peduli terhadap lingkungannya,” ujarnya.

“Pentingnya pemahaman mengenai manajemen penanggulangan bencana akan menjadi dasar dalam mengembangkan pengurangan risiko bencana dalam penanggulangan bencana,” tutupnya.(aza)

Pos terkait