Persija dan Persib Jadi Penentu Pertarungan Zona Degradasi BRI Liga 1

Persija dan Persib Jadi Penentu Pertarungan Zona Degradasi BRI Liga 1
Pesepak bola Persija Jakarta Makan Konate (kiri) bersama Taufik Hidayat (kanan) saat berselebrasi. (Ist)

Jambi Seru – Persija Jakarta dan Persib Bandung secara tak langsung akan jadi penentu dalam pertarungan zona degradasi di pekan terakhir atau 34 BRI Liga 1 2021/2022.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sudah merilis jadwal matchday pekan ke-34 BRI Liga 1 2021/2022.

Sengitnya pertarungan di zona degradasi membuat PT LIB memberlakukan jadwal khusus untuk tim-tim yang terlibat dalam persaingan.

Bacaan Lainnya

Melansir laman LigaIndonesiaBaru.com, LIB menaruh laga pertarungan degradasi BRI Liga 1 2021/2022 di hari terakhir.

Pertandingan itu akan berlangsung bersamaan yakni pada pukul 15.30 WIB di tiga stadion berbeda yakni I Gusti Ngurah Rai, Kapten I Wayan Dipta, dan Kompyang Sujana.

Sebagai informasi, dua dari tiga slot degradasi musim ini telah diisi Persiraja Banda Aceh dan Persela Lamongan. Sementara satu slot sisa masih akan dihindari oleh tiga tim yakni Persipura Jayapura, Barito Putera, dan PSS Sleman.

Persipura Jayapura masih tertahan di peringkat 16 alias zona terakhir degradasi. Mereka baru mengumpulkan 33 poin dari 33 laga.

Sementara Barito Putera berada satu strip di atas Persipura dengan koleksi 35 poin dari 33 laga. Sedangkan PSS Sleman di posisi 14 dengan 36 poin dari jumlah laga yang sama.

Di laga terakhirnya, Persipura akan melawan Persita Tangerang di Kompyang Sujana. Sementara Barito Putera ditunggu Persib Bandung di Kapten I Wayan Dipta.

Lalu yang terakhir, PSS Sleman akan menghadapi Persija Jakarta di stadion I Gusti Ngurah Rai.

Situasi itu membuat kans ketiga tim untuk terdegradasi bisa dibilang sama besar. Persipura Jayapura wajib menang atas Persita Tangerang sambil berharap Barito Putera dan PSS Sleman kalah dari lawan-lawannya.

Sementara Barito Putera dan PSS Sleman hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos dari zona degradasi sekaligus mengirim Persipura Jayapura ke Liga 2.

Sebagai informasi, penentuan posisi di klasemen BRI Liga 1 2021/2022 memiliki urutan: poin, rekor pertemuan, selisih gol, jumlah gol, dan undian.

Persipura menang head-to-head atas PSS Sleman. Di pertemuan pertama, mereka imbang 1-1 dan menang 4-2 di pertemuan kedua pada 20 Maret lalu.

Sementara dengan Barito Putera, mereka kalah rekor pertemuan. Mutiara Hitam kalah 0-1 di pertemuan pertama dan dibungkam 0-3 pada pertemuan kedua.

Kendati Persipura terlihat sebagai tim yang paling terjepit untuk lolos dari degradasi, matchday terakhir menunjukan ketiga tim masih punya kans yang sama untuk terpeleset.

PSS Sleman akan menghadapi Persija Jakarta yang kendati tampil kurang konsisten musim ini, tetap merupakan tim besar yang sulit dikalahkan.

Persija selain tengah dalam performa bagus akhir-akhir juga terbukti menjadi lawan yang tangguh untuk PSS Sleman. Pada pertemuan terkhir, Macan Kemayoran menahan imbang Super Elja 1-1.

Di laga lain, Barito Putera juga akan menghadapi ujian besar. Persib Bandung bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukan.

Pasca gagal juara, Persib Bandung jelas ingin mengakhiri musim dengan hasil terbaik kendati pertandingan ini sudah tak lagi berpengaruh untuk posisi mereka di klasemen.

Pos terkait