Euro 2024 : Portugal ke 16 Besar usai Tekuk Turki

portugal
Portugal menang telak 3-0 atas Turki pada babak pertama laga kedua Grup F Euro 2024 di Signal Iduna Park, Sabtu (22/6/2024) malam WIB. Foto: REUTERS

DORTMUND, Jambiseru.com – Portugal menang telak 3-0 kontra Turki pada babak pertama laga kedua Grup F Euro 2024 di Signal Iduna Park, Sabtu (22/6/2024) malam WIB. Tim berjuluk Selecao das Quinas itu lolos ke 16 Besar.

Babak pertama baru berjalan satu menit, tetapi Portugal langsung memberikan ancaman ke gawang Turki. Sayangnya, tendangan voli Cristiano Ronaldo masih dengan mudah diamankan kiper Turki, Altay Bayindir.

Turki hampir memimpin terlebih dahulu pada menit kelima usai Kerem Akturkogl menerima umpan silang yang mengarah langsung ke depan gawang, tetapi salah satu pemain bertahan Portugal berhasil mengganggunya dan tak ada gol yang tercipta.

Bacaan Lainnya

Sementara pada menit ke-21, Bernardo Silva berhasil membawa Seleccao das Quinas -julukan Timnas Portugal- memimpin usai memanfaatkan umpan silang dan dengan mudah melepaskan tendangan tanpa adanya penjagaan.

Pada menit ke-28, Samet Akaydin mencoba mengirimkan umpan kepada Altay Bayindir usai memanfaatkan kesalahan Joao Cancelo dalam membangun serangan. Namun, Altay Bayindir yang meninggalkan gawangnya justru membuat bola umpan dari Samet Akaydin justru masuk ke dalam gawang dan membuat Turki tertinggal 0-2 dari Portugal.

Sedangkan pada menit ke-31 Turki mendapatkan peluang untuk memperkecil ketertinggalan, tetapi tendangan Kerem Akturkoglu masih bisa di blok kiper Portugal, Diogo Costa.

Umpan terobosan dari Joao Cancelo pada menit ke-35 gagal dimaksimalkan Bruno Fernandes, meski berada di dalam kotak penalti tetapi tendangan kaki kananya justru melambung tinggi.

Pada menit ke-41, Diogo Costa melakukan penyelamatan cemerlang untuk menghentikan tendangan jarak jauh Orkun Kokcu dan membuat Portugal masih tetap memimpin. Hingga babak pertama selesai, Turki kesulitan untuk menembus pertahan Portugal dan membuat skor 2-0 tetap bertahan.

Pada menit ke-51, Pedro Neto mengirimkan umpan silang langsung ke depan gawang Turki tetapi tak ada satupun pemain Portugal yang mampu menjangkaunya. Sementara pada menit ke-53, tendangan kaki kiri dari Yusuf Yazici mengarah tepat ke pelukan Diogo Costa.

Sementara pada menit ke-56, Portugal berhasil memperlebar jarak atas Turki. Cristiano Ronaldo berhasil terlepas dari jebakan offside memilih untuk mengirimkan umpan kepada Bruno Fernandes dan dengan mudah bola masuk ke dalam gawang Altay Bayindir.

Menit ke-67, Baris Alper Yilmaz terjatuh di dalam kotak penalti usai bersentuhan dengan salah satu pemain Portugal tetapi wasit tak menganggap hal tersebut sebagai pelanggaran.

Sementara, umpan Arda Guler pada menit ke-80 yang mengarah langsung ke dalam kotak penalti masih bisa digagalkan salah satu pemain Portugal.

Portugal memiliki kesempatan bagus untuk menambah gol pada menit ke-87, tetapi Bernardo Silva gagal menerima umpan terobosan dan membuat Altay Bayindir dengan mudah mengamankan bola.

Bernardo Silva kembali mendapatkan peluang bagus mencetak gol, tetapi tendangnya dari dalam kotak penalti pada menit ke-89 masih mengenai salah satu pemain Turki dan membuat Portugal gagal menambah keunggulan. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait