Cukur Brunei Darussalam, Indonesia Melaju Putaran 2 Kualifikasi Piala Dunia

timnas indonesia
Timnas Indonesia membantai Brunei Darussalam dengan skor 6-0 (Foto: PSSI)

BANDAR SERI BEGAWAN, Jambiseru.com – Timnas Indonesia sukses melangkah ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Hal tersebut usai Skuad Garuda menang 6-0 atas Brunei Darussalam.

Pertandingan leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ronde pertama itu berlangsung di Sultan Hassanal Bolkiah Stadium, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10/2023). Timnas Indonesia melangkah dengan skor agregat 12-0.

Begitu pertandingan dimulai, Timnas Indonesia langsung menguasai bola. Mereka melancarkan sejumlah serangan. Sementara pemain Brunei harus bekerja keras untuk menghalaunya.

Bacaan Lainnya

Skuad asuhan Shin tae-yong itu kemudian membuka keunggulan pada menit kelima. Adalah Hokky Caraka yang mencetak gol lewat tendangannya, memaksimalkan umpan dari Sandy Walsh.

Setelah itu, Timnas Indonesia berusaha untuk terus memberikan tekanan. Sejumlah peluang kemudian didapat oleh Skuad garuda. Hanya saja, upaya mereka belum bisa diselesaikan dengan sempurna.

Peluang untuk menggandakan keunggulan kemudian datang pada menit ke-25. Dendy Sulistyawan menembus pertahanan Brunei. Sayang, tendangannya dapat dihalau kiper Brunei, Haimie Nyaring.

Timnas Indonesia terus mencari celah pada pertahanan Brunei. Pada menit ke-33, Shayne Pattynama nyaris membawa keunggulan Timnas Indonesia bertambah. Sayang, serangannya mampu dihalau Haimie Nyaring.

Tekanan terus diberikan Timnas Indonesia kepada Brunei Darussalam. Pada menit ke-41, Egy Maulana Vikri menggandakan keunggulan Skuad Garuda, memaksimalkan bola liar.

Tak lama kemudian, keunggulan Timnas Indonesia bertambah. Tepatnya pada menit ke-43, Hokky Caraka menjebol gawang Brunei, lewat sepakannya. Kejadian itu membawa Timnas Indonesia menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0.

Begitu paruh kedua dimulai, Timnas Indonesia langsung tampil menyerang. Mereka kemudian memperoleh penalti, akibat pelanggaran yang terjadi di kotak terlarang.

Witan Sulaeman kemudian maju sebagai eksekutor tendangan penalti. Dia kemudian berhasil melaksanakan tugasnya tanpa cela dan mencetak gol pada menit ke-47.

Unggul jauh, Timnas Indonesia tak mengendurkan serangan. Peluang kembali didapat pada menit ke-52. Hanya saja, tendangan dari kaki Hokky Caraka masih bisa dihalau Haimie Nyaring.

Meski begitu, pada akhirnya Timnas Indonesia mampu memperlebar jarak pada menit ke-62. Kali ini, Rizky Ridho yang menjebol gawang Brunei melalui tendangan kerasnya.

Memasuki menit ke-74, Shin tae-yong membuat sedikit penyesuaian. Dia memasukkan Pratama Arhan serta Arkhan Fikri, untuk menggantikan Shayne Pattynama dan Ricky Kambuaya.

Belum berhenti, Timnas Indonesia kemudian menambah keunggulan pada menit ke-81. Ramadhan Sannata membuat gol melalui sontekannya. Haimie Nyaring tak mampu menangkap bola. Gol itu memastikan Timnas Indonesia menang dengan skor 6-0. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait