Cari Lawan Timnas Indonesia, PSSI Buka Komunikasi dengan Bosnia Herzegovina dan Slovakia

Hasil Undian Kualifikasi Piala Asia
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]

Jambi Seru – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut pihaknya berkomunikasi dengan federasi sepak bola Bosnia Herzegovina dan Slovakia guna kemungkinan menghadapi dua negara itu di laga persahabatan FIFA, Maret 2022.

“Kami memang mencari lawan yang peringkat FIFA-nya tinggi agar poinnya besar. Selain itu, Indonesia juga akan mendapatkan pengalaman yang bagus,” ujar Iriawan di Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Meski demikian, purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu menyadari situasi pandemi COVID-19 membuat banyak rencana sulit terealisasi.

Bacaan Lainnya

Timnas Indonesia Batal Ikut Piala AFF
Para pemain Timnas Indonesia berpose sebelum bertanding melawan Timnas Singapura dalam pertandingan semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium Singapura, Rabu (22/12/2021) malam WIB. [ANTARA FOTO/Humas PSSI]
Oleh karena itu, PSSI memiliki rencana cadangan andai negara dari Eropa tak bisa melakukan pertandingan persahabatan.

“Mungkin kami akan berkomunikasi dengan negara dari kawasan Asia Timur yang peringkat FIFA-nya jauh di atas kita,” tutur Iriawan.

Pada Maret 2022, FIFA menjadwalkan hari pertandingan internasional (FIFA matchday) pada 21-29. Setelah itu, hari pertandingan FIFA baru ada lagi sekitar dua bulan kemudian, yaitu pada 30 Mei-14 Juni 2022.

Saat ini, per 10 Februari 2022, peringkat FIFA Indonesia naik ke posisi 160. Timnas Indonesia terus mengalami perbaikan peringkat FIFA sejak Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih pada Desember 2019.

Itu menjadi peringkat FIFA terbaik Indonesia sejak tahun 2019. Ketika Shin Tae-yong pertama kali menangani skuad “Garuda”, timnas putra berada di posisi ke-173 FIFA.

Pos terkait