Piala Dunia dan Eropa Digagas Dua Tahun Sekali

Logo FIFA. (Ist)
Logo FIFA. (Ist)

Piala Dunia dan Eropa Digagas Dua Tahun Sekali

Jambiseru.com – Arsene Wenger, mantan pelatih Arsenal menyarankn agar UEFA Nations League dihilangkan dan menggelar Piala Dunia serta Piala Eropa (EURO) setiap dua tahun sekali untuk beradaptasi dengan dunia modern.

Baca Juga : Lockdown Tak Dianjurkan Lagi, WHO : Ini Malapetaka Global yang Mengerikan

Bacaan Lainnya

Seperti yang sudah diketahui, Piala Dunia dan Piala Eropa diadakan setiap empat tahun sekali, dengan Piala Dunia akan digelar pada 2022 sedangkan Piala Eropa dilaksanakan musim panas tahun depan setelah ditunda tahun ini akibat virus corona.

Sementara itu, Nations League digelar oleh UEFA demi memberikan pertandingan kompetitif di antara dua kompetisi tersebut, dengan tim-tim peserta saat ini berkompetisi di edisi kedua turnamen itu.

Baca juga : Bermain Imbang, Italia dan Swiss Berebut Tiket Lolos Piala Dunia 2022 di Matchday Terakhir

Portugal memenangi edisi perdana UEFA Nations League, mengalahkan Belanda 1-0 di final pada Juni 2019 berkat gol dari pemain sayap Valencia Goncalo Guedes pada menit ke-60.

Namun, Wenger mengatakan bahwa rata-rata para penggemar sepak bola tidak peduli atau tidak memahami Nations League. Mantan pelatih asal Prancis tersebut saat ini menjabat sebagai Ketua Pengembangan Sepak Bola Global FIFA sejak 2019.

Sebaliknya, Wenger menyarankan agar Piala Eropa dan Piala Dunia bisa diadakan setiap dua tahun sekali, bukan setiap empat tahun agar para suporter lebih menantikan pertandingan tingkat internasional.

Baca juga : Pemain Timnas Jerman Positif COVID-19 Jelang Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022

”Kita perlu menyingkirkan Nations League dan menemukan kompetisi yang lebih jelas untuk dipahami semua orang,” katanya kepada Bild yang dikutip Goal pada Selasa (13/10).

”Bila Anda bertanya kepada orang-orang di jalan apa itu Nations League, Anda tidak akan menemukan banyak orang yang dapat menjelaskannya,” jelasnya

”Kita perlu mengadakan kompetisi sesedikit mungkin,” tambahnya.

”Satu Piala Dunia dan satu Piala Eropa setiap tahun mungkin lebih sesuai untuk dunia modern,” imbuhnya.

Menurut Wenger, semua pertandingan kualifikasi akan dimainkan hanya dalam satu bulan, sehingga mempermudah proses penjualan hak kepada penyiar dan sponsor.

Baca Juga : Hingga Tengah Malam, Mahasiswa : Kami Tak Pulang Sebelum Gubernur Datang

Wenger mengatakan bahwa FIFA telah membahas gagasan tersebut, dan ia menolak anggapan bahwa mengadakan turnamen besar lebih sering akan membuat kompetisi tersebut kehilangan daya tarik. (*)

Pos terkait