Persebaya Beranjak ke Posisi Tiga Besar Usai Pecundangi Persija Jakarta

osvaldo-haay
Pesepak bola Persebaya Surabaya Osvaldo Haay (kelima kiri) membawa bola usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta dalam lanjutan Liga-1 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Persebaya Beranjak ke Posisi Tiga Besar Usai Pecundangi Persija Jakarta

JAMBISERU.COM – Melakoni laga kandang pamungkasnya di musim ini, Persija Jakarta gagal memetik kemenangan. Menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (17/12/2019), Persija kalah tipis 1-2.

BACA JUGA: Event Wonderful Holiday With Lippo Plaza Jambi

Bacaan Lainnya

Dengan tambahan tiga poin, Persebaya beranjak ke posisi tiga klasemen sementara Liga 1 2019 dengan koleksi 51 poin. Sedangkan Persija yang masih mengantongi 41 poin, tertahan di posisi 13.

Jalannya pertandingan

Laga sudah berlangsung menarik sejak peluit kick-off dibunyikan. Bermain terbuka, kedua tim tak ragu bertukar serangan.

Persebaya yang lebih agresif berhasil memecah kebuntuan lebih dulu. Memasuki menit ke-8, Osvaldo Haay mencatatkan namanya di papan skor setelah menyelesaikan umpan yang disodorkan David da Silva.

Persebaya hampir saja menggandakan keunggulan di menit 13. Sayang, Osvaldo Haay terlalu lama memainkan bola, sehingga memberi waktu bagi Xandao untuk menutup ruang tembak pemain timnas Indonesia itu.

Memasuki menit ke-24, Persija Jakarta kembali kecolongan. Menerima umpan dari Osvaldo, Diogo Compos sukses menjebol gawang Andritany sekaligus menggandakan keunggulan Bajul Ijo.

Tertinggal dua gol, Persija mencoba bangkit dengan meningkatkan intensitas serangan. Peluang pun didapat di menit 30. Wasit menunjuk titik putih setelah seorang pemain Persebaya kedapatan melakukan hand ball.

Marko Simic yang maju sebagai algojo sempat gagal mengeksekusi bola setelah Miswar Saputra sukses membaca arah bola. Namun, Simic langsung bereaksi dan meneruskan bola liar ke dalam gawang. Skor berubah 2-1.

Berhasil memperkecil ketertinggalan, Persija terus menekan pertahanan Persebaya. Bajul Ijo dibuat terkurung setengah lapangan hingga pertandingan memasuki menit 40.

Namun, Persebaya bukan tanpa serangan. Sekali melakukan serangan balik, David da Silva dan kawan-kawan kerap membahayakan gawang Andritany Ardhiyasa. Namun hingga turun minum, skor 2-1 untuk keunggulan Persebaya tak berubah.

Lima menit pertandingan babak kedua berjalan, gawang Miswar terus mendapat ancaman. Meski tidak ada gol yang tercipta, Persija sempat membuat pertahanan Persebaya kewalahan.

Macan Kemayoran masih terus memberikan tekanan hingga menit ke-60. Namun, Marko Simic dan kawan-kawan kesulitan membuat peluang yang bisa berbuah gol.

Memasuki menit 70, Persija belum juga bisa menyamakan kedudukan. Begitu juga dengan Persebaya yang masih sulit keluar dari tekanan.

Pemain yang ditunggu-tunggu oleh Jakmania dari lagi ini akhirnya masuk pada menit 75. Dia adalah Bambang Pamungkas yang masuk menggantikan Sandi Sute.

BACA JUGA: Walhi: Pemindahan Ibu Kota Negara akan Memperluas Kehancuran Lingkungan

Namun, masuknya legenda hidup Persija tersebut tidak membuat banyak perubahan. Hingga laga berakhir, skor 1-2 untuk Persebaya tetap bertahan. (put)

Susunan Pemain:

Persija Jakarta (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Fachrudin Wahyudi Aryanto, Alexandre Luiz Reame, Tony Sucipto; Sandi Sute, Rohit Chand; Rizki Ramdani Lestaluhu, Fitra Ridwan (Ryuji Utomo 31′), Riko Simanjuntak; Marko Simic

Pelatih: Edson Tavares

Persebaya Surabaya (4-4-2): Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Rachmat Irianto; Oktafianus Fernando, Muhammad Hidayat, Aryn Williams, Osvaldo Haay; David da Silva, Diogo Campos

Pelatih: Aji Santoso

Pos terkait