Lakukan Pose Kontroversial, Kiper Timnas Argentina Terancam Diancam Denda Berat Oleh FIFA

Kiper Argentina
Kiper Argentina Emiliano martinez saat melakukan selebrasi usai menjadi kiper terbaik. (ANTARA)

Jambi Seru – Akibat lakukan pose kontroversial saat menjadi juara dalam Piala Dunia 2023 Qatar beberapa waktu lalu, Kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez terancam denda berat dari FIFA. Pihak FIFA juga telah menurunkan tim untuk melakukan penyelidikan terhadap timnas Argentina terkait dugaan pelanggaran kode disiplin.

Emiliano Martinez melakukan pose kontroversial atau perilaku ofensif saat melakukan selebrasi juara, setelah sebelumnya berhasil mengalahkan timnas Prancis dalam laga adu penalti.

Seperti dilihat dari laman resmi FIFA, Timnas Argentina didakwa telah membuat tiga pelanggaran dalam pertandingan final tersebut. Tiga pelanggaran itu antara lain soal perilaku ofensif dan pelanggaran fair play, pelanggaran pemain dan ofisial, serta pelanggaran aturan pemasaran dan media.

Bacaan Lainnya

“Komite Disiplin FIFA telah membuka proses terhadap Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) karena potensi pelanggaran pasal 11 (Perilaku ofensif dan pelanggaran prinsip fair play) dan 12 (Pelanggaran pemain dan ofisial) dari Kode Disiplin FIFA,” tulis FIFA dalam sebuah pernyataan resmi yang dikutip AFP pada Sabtu (14/1/2023) seperti dikutip dari laman kantor berita pemerintah, ANTARA.

“Serta pasal 44 Peraturan Piala Dunia FIFA Qatar 2022 sehubungan dengan Peraturan Media dan Pemasaran untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022, selama final Piala Dunia FIFA Argentina vs Prancis.”

Kiper timnas Argentina, Emiliano Martinez masuk dalam penyelidikan ini karena selebrasi vulgarnya saat menerima penghargaan kiper terbaik di Piala Dunia 2022. Penjaga gawang Aston Villa itu juga terlihat dalam sebuah video mengejek penyerang timnas Prancis, Kylian Mbappe.

La Albiceleste kemungkinan akan didenda berat bila terbukti bersalah atas dakwaan dalam proses penyidikan.

Selain Argentina, FIFA juga melakukan penyelidikan terhadap Federasi Sepak Bola Kroasia karena dugaan melanggar pasal 13 (diskrimnasi) dan 16 (ketertiban dan keamanan) Kode Disiplin FIFA dalam pertandingan antara Kroasia vs Maroko. (tra)

Pos terkait

banner pln