Iwan Bule: PSSI Siap Bayar Pesangon Simon McMenemy

simon-mcmenemy
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. [Shutterstock]

JAMBISERU.COM – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan akan memecat Simon McMenemy sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia. Keputusan itu keluar usai Iriawan bersama jajaran Komite Eksekutif alias Exco PSSI lainnya menggelar rapat pada Selasa (5/11/2019).

BACA JUGA: Sertijab Kapolres Muaro Jambi Digelar Usai Pilkades

Hasil rapat memutuskan bahwa McMenemy akan didepak. Sebagai catatan, McMenemy baru akan lengser setelah PSSI mendapatkan sosok pelatih baru sebagai pengganti, atau paling tidak setelah Timnas Indonesia menghadapi Malaysia dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, 19 November mendatang.

Bacaan Lainnya

Apapun itu, McMenemy dipastikan hanya tinggal menghitung hari sebagai juru taktik skuat Garuda.

McMenemy yang sejatinya masih terikat kontrak dengan Timnas Indonesia hingga akhir tahun 2020, tentu akan mendapatkan kompensasi sebagai buah dari pemecatannya. Ya, PSSI tentu harus membayarkan pesangon pelatih berpaspor Skotlandia itu.

Iriawan sendiri mengaku tidak mempermasalahlan soal pembayaran pesangon tersebut. Demi prestasi Timnas Senior Indonesia, uang bukan masalah bagi mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

“Ya itu risiko (bayar pesangon), memang aturannya begitu, ya kita pilih mana prestasi atau uang? tentunya memilih prestasi. Karena ini mungkin maaf kalau uang kita bisa dicari, kan, jadi prestasi ini kita kejar, ini demi nama baik Indonesia,” kata Iriawan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

“Ya itu risiko kita, karena ada aturan dalam kontrak tersebut. Tentunya, harus tindak lanjuti itu,” jelas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu dilansir Suara.com–media partner Jambiseru.com.

Terkait berapa besaran nilai kompensasi yang harus dibayarkan, PSSI tidak bisa menyebutkannya. Sebab, perilah kontrak ini adalah urusan pribadi.

“Nanti secara teknis kita pasti jelaskan, karena yang namanya kontrak pasti individu itu sifatnya konfidensial,” timpal Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

Sebagai informasi tambahan, McMenemy disebut masih akan menukangi skuat Garuda saat berhadapan dengan Malaysia. Ini dilakukan sambil menunggu kedatangan pelatih baru.

PSSI telah menyiapkan dua nama sebagai pengganti Simon McMenemy. Dia adalah Luis Milla Aspas yang sebelumnya memang pernah menukangi Timnas Indonesia dan Pelatih asal Korea Selatan Shin Thae-yong.

BACA JUGA: Sidang Praperadilan 19 Tersangka Karhutla di Batanghari Kembali Digelar

Namun, dua nama ini belum bisa datang cepat karena masih terikat kontrak dengan pekerjaan mereka masing-masing. (put)

Pos terkait