Dengan Festival Batanghari, Gubernur Al Haris Dorong Semangat Wujudkan Sungai Bersih

Gubernur Jambi, Al Haris saat menghadiri Festival Batanghari 2022
Gubernur Jambi, Al Haris saat menghadiri Festival Batanghari 2022. Foto: Jambiseru.com

Jambi Seru – Kegiatan Festival Batanghari 2022 yang dibuka Gubernur Jambi pada Kamis (22/9/2022) lalu berlangsung meriah. Festival Batanghari 2022 menjadi bagian dari rangkaian penutup acara Kenduri Swarnabumi.

Pada pembukaan acara, Gubernur Jambi, Al Haris menyampaikan, jika Festival Batanghari sudah masuk dalam kalender festival nasional. Dengan begitu, ada tiga event di Jambi yang masuk agenda kegiatan nasional.

“Festival Batanghari ini sudah resmi menjadi kalender nasional, Jambi sendiri mendapatkan tiga event yakni Festival Batanghari, Festival Kerinci dan Festival Candi,” katanya usai membuka acara, pada Jumat (23/9/2022).

Bacaan Lainnya

Sebagai bentuk dukungan, Al Haris menyatakan jika Pemerintah Provinsi Jambi mendukung penuh seluruh acara ini, karena kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pelestarian budaya tradisional. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, dapat memperkenalkan adat Jambi ke tingkat nasional.

“Tentunya kita harapkan bahwa dari festival ini dapat melahirkan karya-karya anak muda kita,” terangnya.

Al Haris juga menyampaikan, dengan kegiatan Festival Batanghari ini, dapat mengingatkan ke masyarakat Provinsi Jambi, bahwa Sungai Batanghari merupakan bagian dari sejarah kebudayaan Jambi. Untuk itu, dapat dijadikan sebagai momentum dan penyemangat dalam menciptakan Sungai Batanghari yang kembali bersih.

“Semangat untuk kita agar bagaimana caranya Sungai Batanghari ini dapat bersih seperti semula,” sebutnya.

“Tentunya kita harapkan juga, bahwa Sungai Batanghari kedepan dapat kita gunakan sebagai jalur perdagangan atau pun angkutan batu bara agar dapat terus meningkatkan perekonomian masyarakat kita,” tambahnya. (Tra)

Pos terkait

banner pln