Sejarah Pager atau Penyeranta Sebelum Zaman SMS

foto istimewa.
Foto Istimewa.

JAMBI, JambiSeru.com – Pager, atau sering disebut juga dengan “penyeranta” dalam bahasa Indonesia, adalah alat komunikasi nirkabel yang digunakan untuk mengirim pesan singkat kepada pemilik pager.

Meskipun tidak sepopuler SMS (Short Message Service) yang datang kemudian, pager memiliki sejarah yang menarik sebelum SMS menjadi umum di Indonesia.

Awal Kemunculan Pager:

Bacaan Lainnya

Pager pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950-an dan 1960-an sebagai alat komunikasi nirkabel di Amerika Serikat. Awalnya, pager digunakan terutama oleh dokter dan profesional medis sebagai alat panggilan darurat. Namun, seiring perkembangan teknologi, pager menjadi lebih umum digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Pager di Indonesia:

Pager mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1980-an. Pada saat itu, telepon rumah masih jarang dimiliki dan telepon seluler belum menjadi tren, sehingga pager menjadi alternatif penting untuk berkomunikasi. Pager memungkinkan seseorang untuk menerima pesan singkat atau nomor panggilan yang kemudian dapat dijawab dengan menghubungi nomor yang tertera pada pager.

Pager, atau penyeranta, menjadi populer terutama di kalangan profesional seperti dokter, pengacara, dan pengusaha yang membutuhkan akses komunikasi yang cepat dan efisien. Meskipun memiliki keterbatasan dalam hal panjang pesan, pager sangat membantu dalam memberikan pesan penting dan panggilan darurat.

Kemunduran Pager dengan Munculnya SMS dan Teknologi Lainnya:

KLIK DI SINI : BACA BERITA JAMBI SERU DI GOOGLE NEWS 

Kunjungi => iNewsJambi.id (MNC Portal)

Pos terkait