Terungkap, Begini Cara Pelaku Membobol ATM di Jambi

suhardi heri
Kasat Reskrim Polresta Jambi, Kompol Suhardi Heri Hariyanto. Foto : Yogi/Jambiseru.com

Terungkap, Begini Cara Pelaku Membobol ATM di Jambi

JAMBISERU.COM – Di Kota Jambi saat ini, maraknya pelaku pembobolan mesin Anjunga Tunai Mandiri (ATM). Namun, berbeda-beda pula modus dari pelaku.

Teranyar, pelaku pembobolan ATM Bank 9 Jambi yang terletak di Alfamart daerah Buluran, yang belakangan terjadi bisa dibilang haji mumpung. Pasalnya, para pelaku tujuannya adalah barang yang berada di dalam Alfamart. Namun, sekali lewat pelaku berhasil membobol mesin ATM tanpa menggunakan mesin las.

Bacaan Lainnya

Baca JugaPlayer ML Berbendera Myanmar yang Menyebalkan

Sebelumnya, komplotan pembobol mesin ATM Bank BNI, yang berada di daerah Mayang dan di depan Mini Market Anggasa, terbilang sama, lantaran menggunakan mesin las.

Kasat Reskrim Polresta Jambi, Kompol Suhardi Heri Hariyanto, mengatakan, pelaku pembobolan mesin ATM Bank 9 Jambi ini berbeda dengan pelaku pembobolan ATM Bank BNI.

“Berbeda modus dengan lainnya untuk hasil sementara. Saat ini kita masih tahap lidik,” ujarnya, saat ditemui di Mapolresta Jambi, Rabu (2/9/2020).

Untuk upaya ke depannya, pihaknya meminta agar peran masyarakat turut membantu untuk menciptakan situasi yang kondusif.

“Sementara kita dalam upaya penyelidikan dan berusaha untuk mengungkap. Dibutihkan juga turut serta masayarakat,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, komplotan pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kota Jambi kembali beraksi. Kali ini, ATM Bank 9 Jambi yang terletak di dalam gerai Alfamart yang berada di Jalan Depati Parbo, Kelurahan Buluran, Kecamatan Telanaipura, jadi sasarannya. Sekira uang 200 juta raib dibawa pelaku.

Peristiwa itu, pada Minggu (30/8/2020) sekitar pukul 03. 00 WIB. Dilihat dari rekamana CCTV gerai Alfamart, pelaku diduga berjumlah 4 orang degan mengunakan masker dan topi.

Bisa dibilang aksi pembobolan ATM tersebut tergolong profesional. Pasalnya, para pelaku membobol dengan menggunakan mesin las yang dibawanya.

Salah satu crew Alfamart, Abi, menjelaskan, dalam rekaman CCTV para pelaku membobol mesin menggunakan mesin las. Komplotan pembobol mesin ATM tersebut hanya butuh 30 menit untuk membongkar mesin ATM yang berlapis baja.

“Yang pertamo tahu itu kawan sayo bang. Dari keterangannya, pelaku ada empat orang, peralatan mereka lengkap. dilihat dari CCTV ada satu tabung oksigen besar dan alat mesin las, kalau tidak salah 200 juta bang isinya, kata pihak banknya,” ujarnya, Senin (31/8/2020).

Ditambahkannya, para pelaku bermula dengan membobol pintu gerai alfamart, kemudian langsung mengelas mesin ATM tersebut pukul 03.15 WIB.

“Mereka tiba pukul 03.00 WIB jebol pintu ruko dahulu, kemudian 03.14 WIB mereka membobol atam dengan mesin las. Selain itu, 2 buah linggis juga digunakan. Sebelum jam 04.00 WIB mereka kabur,” tambahnya.

Baca JugaCalon Gubernur H Al Haris Resmi Mundur dari Golkar

Abi melanjutkan, untuk menyembunyikan identitas pelaku, pelaku menggunakan masker, topi dan jaket.

“Mereka datang pakai mobil warna hitam, cuman gak tau mobil apa, saat beraksi mereka pakai masker, topi dan jaket,” lanjutnya. (yog)

Pos terkait