Pengertian Big Data dan Arah Bisnis Dunia Digital

big data
big data

JAMBI, JambiSeru.com – Big Data adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jumlah data yang sangat besar (volume), kompleksitas data (variety), dan kecepatan data aliran (velocity).

Data-data ini bisa terdiri dari sumber data internal perusahaan atau organisasi, data publik atau data dari sumber lain yang ada di internet seperti media sosial dan website. Big Data memungkinkan analisis informasi yang detail dan membantu perusahaan dan bisnis mengambil keputusan dan menemukan pola-pola yang mendasar dari informasi tersebut.

Fungsi Big Data

Bacaan Lainnya

Manfaat besar dari Big Data adalah kemampuannya untuk mendapatkan wawasan insight yang dapat membantu menggali peluang bisnis. Data-data yang diambil dari berbagai sumber tersebut dapat digunakan untuk memprediksi perilaku konsumen, mengembangkan produk dan layanan baru yang sesuai dengan tren dan selera pasar saat ini, mengoptimalkan proses operasional, memperbaiki pengalaman pelanggan, dan meningkatkan efektivitas biaya. Sebagai contoh, dengan kelengkapan data terkait profil dan histori pembeli, perusahaan dapat membuat strategi promosi dan pemasaran yang moncer, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan memberikan pengalaman belanja yang lebih memuaskan.

Finansial

Perusahaan dan bisnis yang memanfaatkan teknologi Big Data umumnya memperoleh keuntungan finansial yang besar. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh McKinsey & Company, penggunaan Big Data dapat meningkatkan profitabilitas bisnis sebesar 20-30%.

Arah Masa Depan Digital Dunia

Masa depan digital dunia semakin cerah dengan tren penggunaan Big Data yang terus meningkat. Diperkirakan bahwa pada 2025, akan terdapat lebih dari 463 exabytes dari data yang akan dihasilkan di seluruh dunia. Hal ini akan menghasilkan perkembangan teknologi dan aplikasi berbasis Big Data yang semakin canggih dan akurat.

Perkembangan AI Bot di Bisnis Informasi

Perkembangan Big Data turut membuka ruang bagi pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dapat memproses dan menganalisis data-data secara cepat dan akurat. Perusahaan bisa memanfaatkan AI bot di sistem informasi mereka seperti Chatbot yang dapat mengoperasikan kerja layanan pelanggan selama 24 jam setiap harinya dan melakukan analisis data secara efisien dan efektif. AI bot bahkan dapat memberikan jawaban dan solusi terhadap pertanyaan dan masalah pelanggan dengan kecepatan yang amat cepat dan akurat.

Baca juga : 

5 Destinasi Wisata di New Delhi India

Biograri Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Kesimpulan

Big Data merupakan satu fenomena yang tidak bisa diabaikan oleh perusahaan dan bisnis dewasa ini. Penggunaan Big Data memberikan manfaat besar yang mencakup aspek keuntungan finansial, efisiensi operasional, pengembangan produk, peningkatan pengalaman pelanggan, dan pengambilan keputusan yang lebih tepat sasaran. Dengan meningkatnya penggunaan teknologi AI bot di dalam sistem informasi bisnis, Big Data menjadi lebih mudah diolah, dihasilkan informasi yang lebih detail dan cepat, memberikan keuntungan berlipat ganda bagi keberlangsungan bisnis di masa depan. (nas/berbagai sumber)

Pos terkait