Awas! iPhone Anda Simpan Daftar Tempat-tempat yang Pernah Dikunjungi

0
Ilustrasi iPhone. (Shutterstock)
Ilustrasi iPhone. (Shutterstock)

Jambi Seru – Buat pemilik iPhone, Anda perlu tahu jika perangkat yang sering digunakan itu berisi daftar setiap tempat yang pernah Anda kunjungi saat membawanya. Terkubur dalam-dalam di dalam pengaturan iPhone adalah fitur yang disebut ‘lokasi signifikan’ yang berisi jadwal pergerakan Anda.

BACA JUGATabliqh Akbar Ustad Somad di Merlung Dihadiri Ribuan Masyarakat

Sebenarnya hal ini cukup mengerikan. Cukup sulit untuk ditemukan, artinya Anda tidak akan menemukannya secara kebetulan.

“iPhone Anda akan melacak tempat-tempat yang baru saja Anda kunjungi, serta seberapa sering dan kapan Anda mengunjunginya, untuk mempelajari tempat-tempat yang penting bagi Anda,” tulis Apple.

“Data ini dienkripsi dan disimpan hanya di perangkat Anda dan tidak akan dibagikan tanpa persetujuan Anda. Ini digunakan untuk memberi Anda layanan yang dipersonalisasi, seperti perutean lalu lintas prediktif, dan untuk membangun Kenangan Foto yang lebih baik,” tulisnya lagi.

Untuk menemukan daftar ini, ikuti saja langkah-langkah berikut:
1. Buka Pengaturan (aplikasi dengan ikon yang terlihat seperti roda gigi kecil).
2. Klik ‘Privasi’. Buka ‘Layanan Lokasi’.
3. Gulir ke kanan ke bagian bawah menu dan tekan ‘layanan sistem’.
4. Anda kemudian dapat mengeklik lokasi penting dan melihat tempat-tempat yang Anda mengunjungi.

Inilah cara Apple menjelaskan layanan lokasinya, yang melacak keberadaan ponsel Anda.

Layanan lokasi menggunakan GPS dan Bluetooth (jika tersedia) bersama dengan hotspot wifi bersumber dari kerumunan dan lokasi menara sel untuk menentukan perkiraan lokasi perangkat Anda.

“Apple Watch Anda dapat menggunakan lokasi iPhone berpasangan Anda jika berada di dekat Anda. Jika Layanan Lokasi aktif, iPhone Anda akan secara berkala mengirimkan lokasi yang diberi tag geo dari hotspot wi-fi dan menara seluler terdekat dalam bentuk anonim dan terenkripsi ke Apple, yang akan digunakan untuk menambah basis data hotspot wifi yang bersumber dari kerumunan ini.

BACA JUGA : Tewas Kondisi Bugil, Biarawati Melinda Diduga Diperkosa Lalu Dibunuh

“Informasi yang dikumpulkan Apple tentang penggunanya dienkripsi dan dianonimkan, yang berarti itu tidak benar-benar membuat dokumen yang menghubungkan informasi secara langsung ke identitas seseorang. Anda dapat mematikan Layanan Lokasi jika khawatir,” tulis Apple. (ndy)

Loading Facebook Comments ...
loading...
MEDIA PARTNER: