Dokter Nilai GERD Bukan Penyebab Edelenyi Laura Anna Wafat

Dokter Nilai GERD Bukan Penyebab Edelenyi Laura Anna Wafat
Laura Anna. (Ist)

Jambiseru.com – Dokter menilai bahwa GERD atau penyakit asam lambung akut, bukan penyebab Edelenyi Laura Anna wafat, Rabu (15/12/2021).

Laura Anna meninggal setelah 2 tahu berjuang hidup karena kondisi spinal cord injury. Sebelum meninggal, Laura Anna mengeluh sesak napas karena asam lambung yang dialaminya.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Apa itu : Kamus Istilah Trending

Bacaan Lainnya

Edelenyi Laura Anna ternyata juga sempat dilarikan ke IGD usai mengeluh sesak nafas. Sebagai kerabat dekat, Putri Jimbo hanya mendapat kabar Laura dilarikan ke IGD setelah itu.

“Sempat udah dibawa ke rumah sakit, ke IGD sudah enakan,” ujar Putri Jimbo saat dihubungi awak media, Rabu (15/12/2021).

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Guru Besar FKUI: Tidak Ada Hubungannya GERD dengan Serangan Jantung

Lantas, mungkinkah asam lambung atau dalam istilah medis juga kerap dikenal dengan GERD jadi penyebab meninggalnya Laura Anna.

Dokter spesialis penyakit dalam Ari Fahrial Syam mengatakan bahwa pada prinsipnya GERD atau asam lambung tidak menyebabkan seorang meninggal. Menurutnya, asam lambung bukan penyakit fatal yang berisiko membuat orang meninggal.

“Kalau misal sesak kan juga macam-macam, bisa karena paru- parunya karena tersumbat, atau karena tersedak. Misalnya tersumbat karena paru-parunya tenggelam itu kan bisa paru parunya terisi air memang ada infeksi luas, karena asma. saluran pernapasannya menyempit, jadi memang mesti ditelusuri dulu,” kata Ari saat dihubungi Suara.com, Rabu, (15/12/2021).

Ari menjelaskan pada pasien asam lambung, sesak terjadi ketika cairan asam tersebut bersentuhan dengan kerongkongan atau justru masuk ke dalam paru-paru.

Pos terkait