Besok Truk Angkutan Batu Bara Akan Dilarang Melintas

Jambi seru, Muarabulian – Berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Provinsi Jambi menetapkan batas akhir truk angkutan untuk melintas jelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Iya, ada tiga jenis truk yang dilarang melintas jelang arus mudik lebaran, tiga jenis truk tersebut adalah truk angkutan batu bara, truk angkutan sawit dan truk angkutan CPO. Larangan melintas tersebut berlaku sejak H-5 sampai H+5 setelah hari raya Idul Fitri,” ungkap Kabag Ops Polres Batanghari, Kompol Bastari, Kamis (30/5/2019).

Akan tetapi larangan melintas tersebut tidak berlaku terhadap semua truk, Kata Basatari, berdasaran Surat Ederan tersebut truk pengangkut sembako masih diperbolehkan melintas.

Bacaan Lainnya

“Tapi jika nanti ada yang masih melintas pada saat H-5, seperti truk batu bara, kelapa sawit dan CPO. Maka truk tersebut akan kita tilang dan dikandangkan. Berarti mereka tidak mengindahkan intruksi pemerintah,” tegasnya.

Sementara saat disinggung sanksi terhadap perusahaannya? Bastari mengatakan, kalau untuk perusahaan itu masalah perizinan.

“Itu ranahnya Pemerintah Daerah bukan ranah Polisi,” sebutnya.

Senada, Kepala Bidang Mobilitas Transportasi Dinas Perhubungan Kabupaten Batanghari, Sulastri mengatakan, larangan melintas bagi truk batu bara di jalan raya tersebut berdasarkan hasil rapat pada tanggal 20 Mei 2019 di Kantor Gubernur Jambi.

“Iya, agar tidak kecolongan kita akan terus memantau keadaan jalan agar pemudik yang akan pulang kampung terhindar dari kemacetan atau lainnya. Apalagi pada saat puncak arus mudik lebaran, diprediksikan akan mulai padat ketika memasuki H-2 lebaran nanti,” katanya. (riz)

Pos terkait