Wakili Bupati Asisten I Setda batanghari Buka Acara Talk Show BKKBN

Asisten I Setda batanghari M.Rifa'i
Asisten I Setda batanghari M.Rifa'i

Secara umum dahsat diartikan sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting (Jatim, bumil, busui, baduta/balita stunting terutama bagi keluarga kurang mampu), melalui pemanfaatan sumber daya lokal (termasuk bahan pangan lokal) yang dapat dipadukan dengan sumber daya/kontribusi dari mitra lainnya.

“Salah satu upaya perbaikan gizi adalah melalui edukasi dan perbaikan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui dan balita dari berbagai pangan yang tersedia, bergizi dan terjangkau dengan cita rasa yang sesuai dengan selera masyarakat kita. Kabupaten kota Batanghari kaya akan sumber daya pangan yang diproduksi, diperjualbelikan dan tersedia di wilayah desa kita yang sering disebut sebagai pangan lokal daerah,” ucapnya.

Tujuan pengembangan dasar secara umum adalah meningkatkan kualitas gizi masyarakat dalam rangka mempercepat upaya penurunan stunting, melalui pendekatan konvergensi kampung KB di tingkat desa dan kelurahan. Sementara secara khusus dashat dikembangkan dalam rangka menyediakan pangan sehat dan bergizi, memunculkan kelompok usaha keluarga/masyarakat lokal yang berkelanjutan, tingkatan keterampilan kelompok usaha keluarga/ masyarakat, olah, distribusikan dan pasarkan makanan bergizi seimbang, berdayakan ekonomi masyarakat berbasis sumber daya lokal, KIE gizi dan pelatihan kepada keluarga resiko stanting.

“Oleh sebab itu saya berharap dengan adanya kegiatan dashat ini selain akan terpenuhinya kebutuhan gizi anak stunting, ibu hamil dan ibu menyusui serta keluarga beresiko stanting juga diperolehnya pengetahuan dan keterampilan penyiapan program sehat dan bergizi berbasis sumber daya lokal serta dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui keterlibatannya dalam kelompok usaha keluarga ataupun masyarakat yang berkelanjutan,” ujarnya.

Turut hadir perwakilan Kepala Desa Kampung KB, pengurus KB serta para Kader KB.(riz)

Pos terkait