Video SMA NTT Masuk Jam 5 Pagi Viral

SMA TT Masuk Jam 5 Pagi
Video SMA TT Masuk Jam 5 Pagi Viral. Foto : Tangkap layar video viral

NTT, Jambiseru.com – Viral di medsos suasana masuk jam 5 pagi di salah satu SMA di Provinsi NTT.

Video ini diunggah akun instagram @medsoszone dan beberapa akun ig lain.

“Teman teman, jam lima lewat tiga, silakan masuk kelas yang mengajar jam pertama,” ungkap seorang diduga guru perekam video itu.

Di video itu terlihat suasana ruang guru. Beberapa guru sedang persiapan masuk kelas untuk mengajar.

Silakan lihat video viral siswa SMA NTT masuk kelas jam 5 pagi di link berikut :

Untuk diketahui, SMA dan SMK di Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur), diwajibkan masuk sekolah mulai pukul 05.00 WITA. Ini kebijakan baru oleh Pemprov NTT.

Kepala Ombusman Pewakilan NTT, Darius Beda Daton, mengaku telah memberikan saran kepada sejumlah sekolah tersebut. Dia meminta agar kebijakan tersebut dikaji ulang sebelum diterapkan.

“Apa kira-kira urgensinya masuk sekolah jam 05.00 pagi?” kata Darius, dikutip dari iNewsTTU.id (MNC Group).

Dia menyebut, Pemprov NTT perlu mempertimbangkan keselamatan anak-anak. Selain itu, dia meminta agar pemerintah daerah mempertimbangkan operasional angkutan umum saat pukul 04.30 WITA.

“Perlu juga dipikirkan apakah pada jam 4.30 WITA, angkutan kota juga sudah beroperasi, plus keamanan anak-anak pada jam itu,” kata Darius.

Sementara itu, Kepala SMA 7 Kupang, Wimfrid Boymau, mengatakan konsep yang disampaikan Gubernur NTT Viktor Laiskodat itu agar salah satu sekolah masuk daftar sekolah unggulan. Dia mengatakan, untuk menjadi sekolah unggul tidak hanya terdepan dalam akademik, namun juga karakter siswa.

Dia mengatakan, proses KBM para siswa nantinya dimulai pukul 06.00 atau 06.30 WITA.

“Masuk jam 5 itu agar siswa bisa mulai dengan les tambahan, kebersihan dan ibadah bersama,” ujarnya.

Terpisah, orang tua siswa, Ruben Kadji, menyebut kebijakan itu perlu dikaji ulang. Dia meminta agar kebijakan yang diberlakukan benar-benar efektif untuk pendidikan di NTT.

“Kebijakan itu harus betul- betul dikaji, apakah dengan masuk jam 5 pagi apakah kualitas para siswa bisa langsung pintar? Dan apakah ini merupakan solusi bagi dunia pendidikan di NTT, saya rasa banyak alternatif lain, dengan bimbingan belajar juga terbukti banyak yang efektif,” katanya.

Adapun kebijakan masuk sekolah pukul 05.00 WITA rencananya berlaku mulai tahun ajaran 2023/2024. Akan tetapi, kebijakan tersebut hanya terbatas pada 10 sekolah.(nas)

Pos terkait