Blangko KTP-el di Muaro Jambi Macet

Kadis Dukcapil Muaro Jambi, Zakaria
Kadis Dukcapil Muaro Jambi, Zakaria. Foto: Uda/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Sengeti – Blangko KTP-el di kantor Dukcapil Muaro Jambi, kembali kosong. Blangko KTP-el terakhir kali diterima Dukcapil Muaro Jambi pada dua pekan lalu. Blangko E-KTP itu telah habis terpakai dan kini benar-benar kosong.

BACA JUGA: Soal Tiga Harimau di Mestong, BKSDA Sebut Belum Ketemu

“Dua pekan lalu kita dapat kiriman sebanyak 200 keping, hitungan hari langsung habis. Sekarang kosong,” kata Kadis Dukcapil Muaro Jambi, Zakaria.

Bacaan Lainnya

Zakaria mengatakan, alokasi pengiriman blangko KTP-el dari pemerintah pusat memang sangat terbatas. Blangko yang dikirim setiap bulan hanya 500 keping. Sementara jumlah pemohon KTP-el di Kabupaten Muaro Jambi saat ini mencapai 2000.

“Yang 2000 orang ini sudah perekaman semua, tinggal cetak KTP-el yang belum,” ujarnya.

Zakaria menyebutkan bahwa, kalau pihaknya sudah mengikuti surat edaran pemerintah pusat yang menginstruksikan untuk memprioritaskan pencetakan kepada warga yang belum memiliki KTP-el. Sementara terhadap warga yang pindah atau yang mengurus perubahan elemen data tetap dilayani dengan menggunakan surat keterangan sambil menunggu bantuan blangko yang lebih banyak dari pusat.

“Yang diprioritaskan itu yang buat baru atau warga yang belum memiliki KTP-el. Namun, karena blangko yang terbatas tetap saja tidak dapat kita layani secara maksimal,” jelasnya.

Lebih lanjut, kelangkaan blangko sudah sering kali terjadi di wilayah Muaro Jambi. Pihak Dukcapil Muaro Jambi bahkan cukup rutin melaporkan kekosongan blangko tersebut secara berjenjang kepada pemerintah pusat.

BACA JUGA: Viral! Video Hot Mahasiswi Cantik Vs Dosen

“Kita di sini sudah berusaha mengajukan, tapi semua tergantung dari pusat,” tandasnya.(uda)

Pos terkait