Pertamina Temukan Sumber Gas Baru di Lepas Pantai Balikpapan

Lowongan Kerja Untuk Lulusan S1 Dibuka Pertamina
Logo pertamina. (Ist)

Jambi Seru – Anak Pertamina Hulu Energi, yaitu PT Pertamina Hulu Mahakam berhasil temukan sumber gas baru di lepas pantai Balikpapan, Kalimantan Timur. Sumber gas tersebut ditemukan di sumur eksplorasi Manpatu-1x.

Menurut Vice President Eksplorasi Pertamina Hulu Energi Regional Kalimantan, Bayu Giriansyah, penemuan sumber gas baru ini merupakan keberhasilan pertama bagi Indonesia di awal tahun 2022.

“Pengeboran dimulai pada 20 Oktober 2021 dengan menggunakan Rig Hakuryu-14 dan berhasil sampai dengan kedalaman 3.776,4 meter pada 9 Desember 2021, dan berhasil menemukan lapisan hidrokarbon minyak dan gas dengan total ketebalan net pay sebesar 207 meter pada interval Sepinggan Delta Sequence dan Sepinggan Carbonate Sequence dengan kualitas reservoir yang sangat baik,” katanya, sepereti dikutip dari suara.com (media partner jambiseru.com), Jumat (7/1/2022).

Manpatu-1x adalah sumur eksplorasi di area South Mahakam, tepatnya di perairan lepas pantai Balikpapan, yang merupakan penemuan eksplorasi di antara lapangan-lapangan minyak dan gas yang sudah ada. Sehingga, dapat dilakukan monetisasinya dengan tie-in ke fasilitas lapangan terdekat yang sudah ada.

Pekerjaan uji alir yang pertama (drill steam test/DST-1) telah dilakukan pada 3 Januari ini, terhadap reservoir target utama dengan rate gas sebesar 15 juta standar kaki kubik per hari dan kondensat sebesar 500 barel per hari.

Selain dari target utama tersebut, Pertamina mengidentifikasi juga zona reservoir pada Sepinggan Carbonate Sequence yang akan dilakukan uji alir selanjutnya.

General Manager Pertamina Hulu Mahakam Zona 8, Agus Amperianto berkomitmen untuk terus menjalankan operasi migas yang selamat, efektif, dan unggul. Sehingga, Blok Mahakam dapat berkontribusi secara signifikan dan berkelanjutan, terhadap pencapaian target produksi migas nasional.

Pelaksanaan pengeboran eksplorasi sumur Manpatu-1x ini dijalankan dengan tetap menjaga kinerja HSSE yang tinggi, menaati protokol Covid-19 secara disiplin, serta menerapkan operational excellence.

“Keberhasilan ini menjadi pendorong semangat kami untuk terus melakukan pengeboran yang penting bagi keberlangsungan produksi migas dari wilayah kerja Mahakam,” ucap Agus.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Regional Kalimantan Chalid Said Salim mengungkapkan bahwa penemuan gas dari sumur eksplorasi ini merupakan salah satu pencapaian dari strategi perusahaan dalam meningkatkan cadangan dan mempertahankan produksi migas melalui kegiatan pengeboran eksplorasi dan eksploitasi.

Pos terkait