Waspada, Hujan Disertai Petir Bakal Guyur Jambi

  • Whatsapp
Hujan Disertai Petir
Foto istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan disertai petir bakal guyur Jambi dan sejumlah kota besar lainnya di Indonesia. Hujan deras itu juga bakal disertai angin kenang. Kejadian ini diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (30/10/2021).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id beberapa wilayah Indonesia saat ini telah memasuki musim hujan meliputi wilayah Indonesia bagian barat, bagian tengah, juga wilayah Indonesia bagian timur.

Baca Juga : Tidak Biasa, Pejabat di Solok Dilantik Tanpa Pakai Jas

Prakiraan daerah konvergensi atau pertemuan angin terdapat di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian tengah, dan di wilayah Papua juga Nusa Tenggara.

Daerah tersebut berpotensi terjadi peningkatan aktivitas pertumbuhan awan awan hujan yang perlu diwaspadai masyarakat saat beraktivitas akhir pekan.

BMKG menginformasikan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang diprakirakan melanda sebagian besar Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Situasi serupa juga berpotensi terjadi di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Selain itu, wilayah yang berpotensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Bali, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.

Hujan petir diprakirakan melanda sejumlah kota besar di Indonesia, di antaranya Banda Aceh, Bengkulu, Jambi, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Mataram, dan Medan.

Pos terkait