OPM Nyatakan Perang Dengan TNI Setelah Anggotanya Tertembak

OPM Nyatakan Perang Dengan TNI
Foto istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Samon menyebutkan jika OPM nyatakan perang dengan TNI setelah salah satu anggotanya tertembak. Diketahui anggot OPM yang tertembak tersebut bernama Marten Belau.

Anggota TPNPB-OPM tersebut tertembak di Intan Jaya, Papua pada Selasa (7/12/2021). Pihak OPM menyebutkan, jika Marten tertembak saat tengah mengalamankan natal di salah satu gereja.

Baca Juga : Sunatan Massal PWN ke-14 Menyasar 100 Anak dari Lima Desa

Bacaan Lainnya

Sebby Sambom juga mengatakan, laporan tersebut disampaikan oleh Staf Komandan Operasi, Kodap VIII Intan Jaya, Undius Kogoya. Selain Marten, ada anggota lainnya bernama Jaki Sondegau yang terluka di bagian tangan.

“Satu anggota TPNPB-OPM kami ditembak oleh TNI/Polri hari ini tepat di Kampung Pesiga, depan Gereja Stasi Katolik,” kata Sebby dalam laporannya yang diterima Suara.com (media partner jambiseru.com), Selasa.

Kepada Sebby, Undius melaporkan kalau kejadian tersebut terjadi ketika TPNBP-OPM hendak mengamankan wilayah supaya perayaan Natal dapat berjalan dengan aman. Akan tetapi mereka menyebut pasukan TNI/Polri secara tiba-tiba melakukan penyerangan terlebih dahulu kepada mereka.

“Kami TPNB-OPM belum siap dan TNI-Polri duluan serang kami sehingga terjadi baku tembak dan satu anggota kami gugur dan satunya luka dibagian tangan akibat kena serpihan peluru,” ujarnya.

Pos terkait