Pemilu 2024 Pertarungan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Pemilu 2024 : Kemendagri dan KPU
Ilustrasi. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Berdasarkan survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), pada Pemilu 2024 nanti akan menjadi ajang pertarungan Ganjar Pranowo dan Anis Baswedan. Dua tokoh ini diprediksi akan memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua jika menjadi calon presiden.

Menurut Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, ada banyak faktor yang menentukan pemilih memilih seorang calon presiden. Secara psikologis, kognisi atau pengetahuan tentang calon adalah syarat dasar bagaimana pemilih memilih. Jadi, pemilih memilih calon A bisa karena hanya tahu A, tidak tahu calon yang lain. Sementara bila pemilih tahu semua calon yang bersaing, ada faktor lain yang menentukan. Seperti suka tidak suka pada calon. Kondisi saat ini, tingkat pengetahuan publik pada nama-nama tokoh calon presiden masih belum merata.

“Pada hari H nanti, pemilih akan tahu calon-calon yang maju karena jumlah calon sedikit dan biasanya sama-sama mampu melakukan sosialisasi secara masif. Tidak akan ada perbedaan tingkat tahu calon bagi seorang pemilih,” jelas Deni dalam rilisnya yang diterima Jambiseru.com, Kamis (7/10/2021).

Bacaan Lainnya

Baca berita terkait di jambiseru.com : Dukungan ke Prabowo Menurun, Ganjar dan Anies Meningkat

Pada survei SMRC, ditemukan bahwa apabila pemilih tahu enam calon, yaitu Prabowo, Anies, Ganjar, Sandi, Ridwan, dan AHY, maka Ganjar menjadi kandidat yang unggul dari calon lain di semua simulasi. Dalam simulasi semi terbuka 42 nama, Ganjar mendapat dukungan terbesar 24,3 persen, selanjutnya Anies 14,4 persen, Prabowo 11,4 persen, Sandi 6,1 persen, Ridwan Kamil 4,2 persen, AHY 3,2 persen.

Jika jumlah calon dikurangi menjadi 15 nama, Ganjar unggul dengan dukungan 28,2 persen, disusul Anies 16,5 persen, Prabowo 12,4 persen, Sandi 6,5 persen, Ridwan Kamil 5 persen dan AHY 4 persen.

Sementara jika simulasi dilakukan untuk 8 nama, maka Ganjar juga unggul dengan dukungan 28,7 persen, disusul Anies 20,4 persen, Prabowo 13,6 persen, Ridwan Kamil 6,3 persen, Sandi 6,1 persen, dan AHY 4,7 persen.

Dari hasil survei SMRC juga diketahui, jika hanya ada 3 nama berada di posisi teratas. Mereka yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Sehingga kalau pilpres digelar saat ini, dan publik hanya tahu 3 nama tersebut, maka perolehan suaranya yaitu Ganjar akan dipilih oleh 43,9 persen, disusul Anies 24,6 persen, dan Prabowo 21,7 persen.

Baca berita terkait di jambiseru.com : Bupati Merangin Buka Pencanangan Keluarga Pelopor Perubahan

“Keunggulan tajam Ganjar dalam simulasi ini menunjukan bahwa Ganjar lebih mampu menarik pemilih calon-calon selain Prabowo dan Anies,” kata Deni.

Menurut Deni, dalam situasi demikian, Ganjar unggul sangat jauh, sementara suara untuk Prabowo dan Anies tidak berbeda signifikan secara statistik. Perbedaan di bawah margin of error untuk sampel yang tahu ketiga nama tokoh tersebut, yaitu 4 persen.

Pos terkait