Perusahaan di Batanghari Diminta Bayarkan THR Karyawan Tepat Waktu

tunjangan hari raya
Kabid Hubungan Industrial dan Lembaga Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Batanghari, Irma Hadisurya Harahap

BATANGHARI, Jambiseru.com – Perusahaan di Batanghari diminta Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, untuk bayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) karyawan tepat waktu. Paling lambat pembayaran THR dilakukan pada H-7 lebaran.

Kabid Hubungan Industrial dan Lembaga Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Batanghari, Irma Hadisurya Harahap mengatakan, pihanya sudah menyurati seluruh perusahaan swasta, terkait pembayaran THR ini.

“Iya, sesuai dengan peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 6 Tahun 2016 yang telah diedarkan. Dan perusahaan agar dapat membayar THR karyawan tepat waktu,” ungkap , Jum’at (14/04/2023).

Bacaan Lainnya

Dikatakan Irma, pemberitahuan ini telah diedarkan oleh pihaknya ke setiap perusahaan yang ada di kabupaten Batanghari, maka dari itu pihaknya meminta agar perusahaan membayar secara maksimal membayar THR karyawan.

“Disini Perusahaan wajib membayar THR sebesar gaji pekerja atau buruh sebesar satu bulan upah gaji. Dan ini tidak boleh di cicil,” sebutnya.

Disebutkan Irma, pihaknya juga membuka posko satuan petugas konsultasi THR, yang bertujuan agar para karyawan yang punya keluhan segera melaporkan ke pihaknya.

“Disini kami juga memastikan, karyawan yang mendapatkan THR ini, dengan catatan rata rata sudah bekerja selama 12 bulan atau satu tahun,” tuturnya.

Diteruskan Irma, apabila perusahaan tidak membayarkan setelah jangka waktu yang telah ditetapkan, atas dasar hasil pemeriksaan pengawas ketenagakerjaan dan rekomendasi yang diberikan.

“Maka perusahaan tersebut akan dikenakan sanksi dan denda administrasi sesuai perundang undangan yang telah diatur,” katanya.(riz)

Pos terkait