Menteri PUPR Sebut Stadion Kanjuruhan Tidak Layak Pakai, Akan Direnovasi

Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan
Suporter Arema FC memasuki lapangan setelah tim yang didukungnya kalah dari Persebaya dalam pertandingan sepak bola BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.

Jambi Seru – Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan jika stadion Kanjuruhan tidak layak pakai setelah diaudit pihaknya. Oleh karena itu, pihak kementrian akan merenovasi ulang stadion tersebut.

Menurut Basuki, renovasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan keselamatan penonton saat menyaksikan pertadingan di stadion tersebut.

Untuk anggaran renovasi Stadion Kanjuruhan itu nantinya akan menggunakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun untuk besaran anggaran yang akan digelontorkan, saat ini belum bisa dipastikan.

Bacaan Lainnya

Mengutip dari laman suara.com (media partner jambiseru.com), dengan artikel yang berjudul Stadion Kanjuruhan Akan Direnovasi Ulang, Menteri PUPR: Jika Tidak Direhab, Tidak Boleh Dipakai, Basuki menyebutkan, dalam waktu dekat tim masih akan melakukan desain ulang pada stadion yang terletak di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut. Nantinya, seluruh tribun akan dilengkapi dengan atap seperti pada Stadion Manahan, Solo.

“Kami harus mendesain lagi untuk rehab total, supaya bisa dimanfaatkan lagi agar tidak ada musibah lagi. Kalau begini saja, tidak layak. Dan jika tidak direhab, tidak boleh dipakai,” kata Basuki.

“Mudah-mudahan desainnya selesai 3-4 bulan, kemudian baru bisa dimulai (renovasi total), 2023 kita mulai, karena ini sudah perintah Presiden Joko Widodo,” lanjut dia.

Proses renovasi total pada Stadion Kanjuruhan tersebut diperkirakan akan membutuhkan waktu kurang lebih selama satu tahun.

Selain proses renovasi, Kementerian PUPR juga akan membangun monumen peringatan terkait tragedi Kanjuruhan. (tra)

Sumber : suara.com

Pos terkait