Kebakaran di Tungkal Hanguskan Belasan Rumah

Kebakaran di Tungkal
Api yang membakar belasan rumah di Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjabbar pada Sabtu (11/2/2023) malam. Foto: Rolis/Jambiseru.com

TANJABBAR, Jambiseru.com – Belasan rumah di Kota Kuala Tungkal, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi hangus terbakar. Musibah kebakaran ini terjadi pada Sabtu (11/2/2023) malam.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kejadian ini terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Totalnya sebanyak 12 dinyatakan hangus. Rumah yang terbakar tersebut berada di tiga RT, yaitu RT 14, RT 16 dan RT 18 Kelurahan Tungkal III.

Korban yang rumahnya terbakar yaitu milik M Jafri (57), Adroji (70), Indra Bangsawan (53), H Sibal (60), dan Nurul Apida (47) yang berada di RT 14. Lalu Radius (76) dan Abdul Hamid (67) yang berada di RT 16. Kemudian Desi Susilowati (22), H Sina (60), H Muin (70), bangunan ruko milik H Muin, dan Gafur (40) yang berada di RT 18.

Bacaan Lainnya

Dari data Dinas Pemadam Kebakaran Tanjabbar, diketahui dari 12 rumah yang terbakar tersebut, terdiri dari delapan rumah hangus terbakar, satu rumah rusak berat, dua rumah rusak sedang dan satu rumah lagi rusak ringan.

Menurut Kepala Dinas Pamadam Kebakaran Tanjabbar, Iswardi, 12 rumah yang terbakar tersebut dihuni oleh 13 kepala keluarga.

“Totalnya ada 38 jiwa yang kehilangan tempat tinggal akibat musibah kebakaran ini,” katanya, Minggu (12/2/2023).

Saat melakukan pemadaman, tim damkar menurunkan 5 armada pemadam dan satu unit sepeda motor roda tiga. Besarnya api dan juga kencangnya tiupan angin, sempat menyulitkan petugas dalam melakukan pemadaman. Sehingga terpaksa dilakukan pengerusakan rumah guna mencegah api terus menyebar.

Petugas sampai membutuhkan waktu hingga 1,5 jam untuk memadamkan api dan juga pendinginan lokasi.

“Unit kita turunkan untuk melakukan pemadaman. Alhamdulillah bisa atasi dalam waktu tertentu,” jelas Iswardi.

Sayangnya, belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun tim dari kepolisian Polres Tanjabbar telah diturunkan untuk melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran tersebut.

Dari perhitungan sementara, kerugian akibat kebakaran tersebut sampai ratusan juta rupiah. Untuk sementara korban kebakaran tinggal di tempat pengungsian yang telah disiapkan oleh pemerintah.(tra)

Pos terkait