Zulhas Sebut Besi Non SNI Ancam Produsen Baja Nasional

Zulkifli Hasan

Jambi Seru – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan, peredaran besi non Standar Nasional Indonesia (SNI) di pasaran, dapat mengancam keberlangsungan produsen baja nasional.

Menurutnya, jika hal ini dibiarkan, maka PT Krakatau Steel tidak lama lagi bakal gulung tikar dan tidak sanggup untuk memproduksi besi lagi.

“Kalau begini (BJTB non-SNI) bisa mempengaruhi PT Krakatau Steel, dan bisa bangkrut,” kata Zulkifli usai meninjau pabrik baja milik PT Long Teng Iron and Steel di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Kamis (12/1/2023).

Bacaan Lainnya

Mengutip dari kantor berita pemerintah, ANTARA, Zulhas juga menyebutkan, jika saat ini esensial perkembangan industri konstruksi dan manufaktur di Indonesia sedang meningkat dengan seiring dilakukan pembangunan infrastruktur secara masif. Sehingga industri baja pun akan turut memainkan peranan penting dalam meningkatkan kualitas industri konstruksi itu sendiri.

Namun, lanjut dia, apabila salah satu elemen tata kelola ketahanan dan utilisasi industri baja tidak sesuai. Maka akan berpengaruh terhadap konsumsi dan kemandirian industri baja nasional.

“Ini kan kasihan kalau industri-industri dalam negeri yang lain sudah mengikuti ketentuan, tetapi salah satu industri masih ada yang belum mengikuti ketentuan sesuai SNI,” katanya.

Menteri Perdagangan itu mengungkapkan, sejauh ini sekitar 40 industri baja dengan memproduksi produk serupa diketahui tidak memenuhi SNI. Untuk itu pihaknya akan segera menindak tegas hal tersebut.

Pos terkait