Polda Jambi Amankan Sabu 19,4 Kg Jaringan Malaysia

Polda Jambi Amankan Sabu
Polda Jambi Amankan Sabu 19,4 Kg Jaringan Malaysia. Foto : Polda Jambi

Jambiseru.com – Polda Jambi Amankan Sabu seberat 19,4 kg di perairan Kampung Laut, Kabupaten Tanjab Timur. Diketahui barang haram tersebut berasal dari jaringan Malaysia.

Dari penangkapan tesrebut, Polda Jambi Amankan Sabu sebanyak 18 paket. Barang-barang tersebut dibungkus dengan plastik dan disimpan secara terpisah. Untuk mengelabui petugas, 18 paket tersebut disimpan di dalam ban mobil.

Baca Juga : 5 Akun Dilaporkan ke Polisi Sebagai Penyebar Video Mirip Gisel

Selain mengamankan 19,4 kg sabu tersebut, polisi juga mengamankan 4 orang pelaku. Mereka yaitu IS (28) dan RR (55), warga Indra Giri, Riau. Sementara dua lagi yaitu A (67) dan HI (37), warga Sekernan, Muarojambi.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, sabu yang berhasil diamankan tersebut merupakan jaringan Malaysia. Narkoba tersebut masuk ke Indonesia melalui Batam, kemudian dibawa menggunakan kapal ke Sabak dengan tujuan akhir Jambi. Namun begitu sampai di Kampung Laut, berhasil digagalkan anggota Subdit II Ditresnarkoba Polda Jambi.

Penangkapan dilakukan tanggal 7 November 2020 di salah satu rumah yang beralamat di RT 17, RW 03, Parit VI kelurahan Kampung Laut, kecamatan Kuala Jambi, Tanjab Timur.

“Sabu ini direncanakan akan diedarkan di Jambi seberat 19.460 gram,” ujarnya, saat menggelar konferensi pers bersama Dirnarkoba Polda Jambi, Kombes Pol I Gede Putu Dewa Artha di Mapolda Jambi, Senin (9/11/2020) pagi.

Kapolda menjelaskan, untuk menghindari pengawasan petugas, modus pelaku dalam membawa sabu tersebut dengan cara disimpan secara terpisah. Sebagian disimpan di dalam ban mobil yang ditutup velg silver dan sebagian lagi di dalam kotak berwarna coklat.

“Pengakuan mereka (pelaku) baru satu kali (melakukan ini,” jelas Irjen Pol Firman.

Adanya Laporan Masyarakat

Pengungkapan pengiriman narkoba ini terjadi, menurut kapolda karena adanya laporan masyarakat. Sebab ada masyarakat yang melaporkan bahwa akan terjadi pengiriman narkotika jenis sabu melalui jalur laut.

Kapolda juga menegaskan, pihaknya tidak akan tinggal diam dalam menindak tegas pada pidana narkotika. Karena ia ingin Provinsi Jambi harus bebas dari narkotika. Pihaknya juga akan melakukan pengawasan ketat guna mencegah masuknya narkoba ke Provinsi Jambi.

“Jambi harus masih waspada, sebab banyak jalur yang bisa di lewati. Kita akan pantau semua jalur itu agar tidak beredar,” katanya.

Ditambahkan I Gede Putu Dewa Artha, pihaknya masih terus mendalami pengungkapan kasus ini. Baik kepada pemasok maupun jaringan yang terlibat.

“Saudara IS dan RR merupakan jaringan Batam-Jambi dan merupakan kurir yang membawa narkotika jenis sabu,” terangnya.

Menurut pengakuan pelaku, sabu tersebut rencananya akan diantar ke rumah A di Kampung Laut. Setelah itu baru dijemput oleh HI untuk diantar ke Kota Jambi.

Baca Juga : Ditangkap Polisi Pelaku Mengaku Sering Wik-wik di Kuburan

“Jadi barang narkotika sabu ini untuk diedarkan di Jambi,” jelas I Gede Putu Dewa Artha didampingi Kabid humas Polda Jambi Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi.

Kepada para pelaku yang tertangkap, akan dikenakan Pasal 114 ayat (2) dan pasal 112 ayat (2) Jo 132 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (tra)

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

hut ri hut tanjabar banner pln