Lapas Nusakambangan Diwacanakan KPK Jadi Penjara Napi Korupsi

warga binaan lapas
Foto istimewa. (Ist)

JAKARTA, Jambiseru.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan diwacanakan KPK jadi penjara untuk Napi Korupsi. Wacana tersebut dihembuskan KPK, karena Lapas yang berasa di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ini bisa memberikan efek jera.

Dikatakan Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, Lapas Nusakambangan lebih menakutkan dari yang ada saat ini. Sehingga diharapkan dapat menimbulkan efek jera. Namuan hal itu saat ini masih berupa wacana.

“Sekali lagi ini masih, kami juga tidak memahami, ini masih wacana. Harapannya kalau penjara bagi koruptor itu di Nusakambangan, itu lebih menakutkan dan menimbulkan efek jera. Tapi itu di hasil kajian kita,” katanya saat ditemui di kantor KPK, Selasa (9/5/2023).

Bacaan Lainnya

KPK telah melakukan kajian terkait tata kelola Lapas di Indonesia. Berdasarkan hasil kajian KPK, koruptor perlu ditempatkan di lapas khusus seperti Nusakambangan agar memberikan efek jera. Sebab, Nusakambangan merupakan lapas yang paling ditakuti.

“Tentu itu adalah sebuah kajian kalau hanya dipidana penjara di tempat lain mungkin dianggapnya biasa, sehingga perlu dikuatkan untuk lebih menakutkan dan menimbulkan efek jera,” ungkapnya.

Nusakambangan saat ini dihuni oleh narapidana dengan kasus kelas kakap. Di antaranya, kasus terorisme hingga narkotika.

Banyak terpidana mati yang dieksekusi di Pulau tersebut. Karenanya, Pulau tersebut cukup dikenal angker.

Tak hanya itu, Lapas Nusakambangan juga memiliki penjagaan yang super ketat. Selain berada di pulau tersendiri, sekeliling Lapas Nusakambangan juga masih banyak hewan buas. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Lapas Nusakambangan sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1908. (tra)

Sumber : iNews.id

Pos terkait