Wabup Bakhtiar Kukuhkan Forum DAS

Wabup Bakhtiar
Wabup Bakhtiar

 

Jambi Seru– Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKP DAS) Kabupaten Batanghari 2022-2027 secara resmi dikukuhkan oleh Wakil Bupati Bakhtiar Rabu (07/12/2022) kemarin di ruang pola Kantor Bappeda.

 

Dalam pengukuhan tersebut hadir langsung Direktur P3DAS Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Tri Budiono, Asisten Perekonomian dan Pembanguann dan seluruh OPD Batanghari, para Camat, Kepala BP DAS, Drs Sam Karya Nugraha, Ketua Forum DAS Tagor Mulya Nasution.

Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar mengatakan, dengan dikukuhkannya forum ini diharapkan dapat melestarikan DAS Batanghari agar menjaga ketersediaan dan kebutuhan air di Bumi Serentak Bak Regam, khususnya di DAS.

 

“Karena air merupakan sumber kehidupan bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Karena dilihat dari KIHS di Batanghari masih mencukupi untuk daya tampung dan daya kebutuhan,” kata Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar, Kamis (08/12/2022).

Disebutkan Bakhtiar, melihat situasi dan kondisi saat ini kualitas air memang sudah jauh menurun. Karena, air ini memang besar artinya dalam kehidupan manusia, hewan dan keberlangsungan tanaman di Batanghari.

 

“Di daerah aliran sungai yang memerlukan konservasi, mari bersama-sama untuk melestarikan tanaman-tanaman yang menjadi resapan air,” ucapnya.

 

Dilanjutkan Bakhtiar, di daerah ini lokasi yang menjadi daerah tangkapan air sudah jauh menurun. Sejak dulu kawasan hutan itu menjadi daerah tangkapan air, saat ini sudah banyak berkurang secara kualitas dan kuantitas.

“Saya harapkan, forum ini secara bersama-sama mampu meyusun roadmap untuk menjadi masukan kepada pemerintah sehingga pelaksanaan dalam mengelolanya berjalan dengan baik bagi keberlangsungan air di Batanghari. Kualitas air di Batanghari memang banyak dari hulu yang sudah tergerus sehingga kualitas sampai ke hilir ke muara Sungai Batanghari semakin tercemar,” sebutnya.

 

Diharapkan Bakhtiar, melalui Forum Koordinasi Pengelolaan DAS ini diharapkan bisa menjadi pusat informasi, solusi dan diskusi agar bisa memenuhi harapan seluruh pemangku kepentingan untuk mengawal pelestarian DAS.

 

“Para pengurus nantinya segera menyiapkan langkah-langkah strategis dalam upaya pengelolaan DAS sehingga pada akhirnya dapat mendukung pembangunan di Kabupaten Batanghari kedepannya,” ujarnya.(riz)

Pos terkait

banner pln