Said Aqil Minta Khilafatul Muslimin Ditindak Tegas

Anggota BPIP Said Aqil Siradj
Anggota BPIP Said Aqil Siradj. (Ist)

Jambi Seru – Pernyataan keras disampaikan anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Said Aqil Siradj. Ia meminta agar kelompok Khilafatul Muslimin ditindak tegas oleh aparat penegak hukum.

Negara diminta untuk tidak mentolerir sedikitpun pada seluruh kelompok yang memiliki ideologi yang berbeda dengan Pancasila.

“Saya memohon kepada pemerintah atau, ya, aparat lah ya. Harus bertindak tegas, enggak boleh mentolerir sedikitpun,” kata Said Aqil di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Bacaan Lainnya

Desakan tersebut disampaikan, lantaran Said Aqil paham betul dengan gerakan kelompok yang memiliki ideologi berbeda. Meskipun kelompoknya sudah dibubarkan, namun biasanya ajaran ideologinya kerap terus berjalan.

Oleh karena itu, Said Aqil meminta kepada aparat penegak hukum untuk bisa lebih tegas terutama pada proses hukum terhadap kelompok Khilafatul Muslimin.

“Itu yang harus diwaspadai.”

Sebelumnya, polisi menetapkan Pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja sebagai tersangka setelah ditangkap di Markas Besar Khilafatul Muslimin di Lampung, Selasa (7/6/2022). Selain ditetapkan sebagai tersangka, kepolisian juga langsung melakukan penahanan terhadapnya.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebut Abdul Qadir akan ditahan di Polda Metro Jaya.

“Tersangka sudah ditahan atas nama inisial AB dari Polda Metro Jaya,” kata Dedi di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/6/2022).

Dedi menyebut, tim gabungan masih terus melakukan pengembangan terhadap kasus ini. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru terkait kasus Khilafatul Muslimin tersebut.

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengonfirmasi penangkapan terhadap Abdul Qadir ini terkait peristiwa konvoi pemotor beratribut Khilafah di Cawang, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Pos terkait