Sebanyak 60.000 Bibit Sawit Berkualitas Bakal Disalurkan ke Petani di Batanghari

Irwan
Kepala Bidang Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari, Irwan. Foto : Rizki/Jambiseru.com

BATANGHARI, Jambiseru.com – Sebanyak 60.000 bibit sawit berkualitas akan disalurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari ke petani. Penyaluran akan dilakukan melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan. Bibit yang diberikan berupa bibit sawit siap tanam.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari, Irwan mengatakan, bibit sawit berkualitas ini diberikan pada kelompok tani dan juga perorangan. Total bibit yang disiapkan yaitu sebanyak 60.000 bibit sawit.

“Iya, insya allah tahun ini akan kita salurkan ke masyarakat,” katanya, Senin (06/02/2023).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Irwan, penyaluran bibit ini merupakan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Batanghari bagi masyarakat atau kelompok tani. Bibit yang akan diberikan tersebut terbagi dan dua kategori, yaitu 30 ribu bibit dari PPKS dan 30 ribu bibit Topas.

“Pengadaan bibit ini merupakan pengadaan bibit pada tahun 2022 lalu dan akan disalurkan tahun ini. Untuk usia pembibitan saat ini 10 sampai 12 bulan. Posisinya sedang dipindahkan dari polybag kecil ke polybag besar,” tuturnya.

Disebutkan Irwan, untuk calon penerima bantuan bibit ini, kelompok tani dan perorangan diwajibkan memenuhi persyaratan. Beberapa persyaratannya yaitu foto copy KTP, permohonan yang diketahui PPL dan Kepala Desa serta surat legalitas lahan.

“Selain kelompok tani kita juga mengakomodir untuk per orangan dengan persyaratan yang sama maksimal permintaan 2 hekatre,” jelasnya.(riz)

Pos terkait