Waka DPRD Pinto Dukung Ekspedisi Milir Berakit dalam Rangka HUT Jambi

Jambiseru.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara yang sekaligus Ketua Ormas MKGR Provinsi Jambi dan Ketua Yayasan Sahabat Sungai Batanghari (YSSB) dalam konferensi persnya menyampaikan, bahwa akan mencoba menghidupkan kembali sungai Batanghari sebagai urat nadi ekononomi dan transportasi di Jambi, dan menjernihkan kembali ekosistem di sungai Batanghari.

“2 juta lebih masyarakat Jambi ini minum air sungai Batanghari, ayo kita jernihkan. Kita tingkatkan kesadaran revitalisasi sungai Batanghari ini,” kata Pinto, Rabu (4/1/2023).

Sementara itu Ketua Panitia, Sigit mengatakan, bahwa YSSB khususnya tentang Sungai Batanghari, sungai ini salah satu yang disebutkan oleh ketua nantinya.

“Ke depan kita juga akan telusuri, ada 9 anak sungai atau 9 lurah. Kemudian terkait percandian yang di sampaikan oleh Pak Pinto kenapa candi Muaro Jambi merupakan pusat kebudayaan berdasarkan penelitian, ternyata ada ratusan candi selain candi Muaro Jambi disepanjang aliran sungai Batanghari sampai ke Muara Sabak, bahkan di Sabak pun ada candi,” ujarnya.

Dengan diselenggaranya kegiatan ini diharapkan mampu memberi semangat dan mengedukasikan kepada masyarakat betapa pentingnya mengenali sejarah dari fungsi sungai Batanghari ini.

Untuk diketahui, Ekspedisi Milir Berakit I ini diadakan dari tanggal 30 Desember 2022 hingga 6 Januari. Kegiatan ini di fasilitasi ada 17 rakit, dengan rincian 15 unit rakit dari YSSB dan 2 rakit dari swadaya masyarakat. Tim milir berakit dimulai dari Sungai Tembesi Sarolangun berakhir dan berlabuh di Sungai Batanghari, tepatnya di Taman Tanggo Rajo Kota Jambi. (tra)

Pos terkait