Anies Capres 2024 Dideklarasikan Saat Duka Kanjuruhan

Foto. (Suara.com)
Foto. (Suara.com)

Jambi Seru – Anies Capres 2024 dideklarasikan saat duka Kanjuruhan yang memakan ratusan korban jiwa. Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024 ini dilakukan oleh Partai Nasdem, Senin (3/1/2022).

Meski menjadi sorotan karena moment dinilai tak tepat, namun seorang pengamat politik, Burhanuddin Muhtadi, mengaku tidak aneh kalau NasDem menjatuhkan pilihannya kepada Anies.

“Kalau dari pilihan nama, Anies Baswedan dicalonkan oleh NasDem tidak terlalu mengagetkan, tetapi kalau dari sisi timing cukup mengagetkan,” ungkap Burhan di program Kabar Petang, dilansir laman Suara.com (partner Jambiseru.com) dari artikel awal berjudul “Geger Deklarasi Anies Capres 2024 di Tengah Duka Tragedi Kanjuruhan, Pengamat: Nasdem ‘Korbankan Diri’”, Senin (3/10/2022).

Bacaan Lainnya

Perkara timing ini pun memunculkan beragam spekulasi. Setidaknya ada dua alasan, seperti Anies yang tengah diperiksa terkait dugaan korupsi Formula E oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta tragedi Kanjuruhan yang terjadi Sabtu (1/10/2022) malam.

“Timing-nya sangat mendadak, bahkan berdekatan sekali dengan tragedi Kanjuruhan. Jadi kalau misalkan di-announce beberapa hari setelah tragedi Kanjuruhan, mungkin tidak akan muncul spekulasi,” tutur Burhan.

Bahkan Burhan menilai deklarasi Anies hari ini adalah bentuk “pengorbanan diri” NasDem. “NasDem (saat ini) ‘mengorbankan diri’ untuk Anies Baswedan,” jelas Burhan.

“Karena pengumuman Anies sebagai bakal calon presiden oleh NasDem, maka KPK atau institusi atau perorang tidak bisa lagi mentersangkakan Anies. Meski belum resmi sebagai bakal calon presiden, tetapi sulit untuk KPK menembak Anies dalam posisi beliau running untuk presiden 2024,” lanjut Burhan.

Burhan lantas mengutip regulasi yang berlaku di Indonesia, di mana sosok yang telah diusung sebagai calon presiden oleh sebuah partai politik tidak boleh dikriminalisasi sampai proses elektoral selesai.

Meski saat ini Anies masih belum secara resmi menjadi bacapres dari partai politik yang dibuktikan dengan pernyataan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), tetapi secara etis akan sulit untuk dibidik KPK.

Usung Anies, Surya Paloh Optimis NasDem Segera Satu Suara dengan PKS dan Demokrat

Salah satu poros koalisi yang diduga akan terbentuk di Pemilu 2024 adalah Partai NasDem, Partai Demokrat, PKS.

Meski saat ini koalisi yang dimaksud belum resmi dibentuk, begitu pula dengan kepastian dukungan kedua partai lain terhadap Anies Baswedan, NasDem optimis ketiganya akan segera satu suara.

Hal ini seperti disampaikan Ketua Umum NasDem, Surya Paloh dalam deklarasi pencalonan Anies Senin (3/10/2022) hari ini.

Pos terkait

banner pln