Anak dan Istri Ismail Bolong Diperiksa: Kasusnya Disebut Lebih Besar dari Ferdy Sambo

Tambang ilegal
Tambang batu bara. Polisi periksa anak dan istri Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal di Kaltim. (pikiran-rakyat.com)

Sementara itu, terkait kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur tersebut, pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai bahwa hal itu menjadi preseden buruk bagi citra Polri, jika Kapolri tak segera menuntaskannya.

“Kalau masih menunda-nunda dan menunggu desakan publik, ini akan makin menjadi preseden buruk bagi citra Polri yang profesional, bahwa kepolisian tidak bergerak bila tidak didesak,” tuturnya.

Menurut Bambang, kasus tambang ilegal yang menyeret nama Ismail Bolong itu memiliki kuantitas dan kualitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan kasus pembunuhan Brigadir J yang didalangi oleh Ferdy Sambo.

Bacaan Lainnya

“Kapolri harus turun tangan sendiri dan menunjukkan langkah-langkahnya yang konkret, bukan statemen-statemen, bukan retorika-retorika, dan bukan akan-akan,” ujarnya.

“Presiden bukan sekadar meminta, melainkan memerintahkan Kapolri untuk secepatnya mengambil tindakan terhadap personel yang melakukan pelanggaran,” ucapnya melanjutkan.

Bambang mengatakan bahwa penyelidikan dan penyidikan terhadap kasus tambang ilegal itu pun dapat diambil alih dengan membentuk tim independen serta melibatkan sejumlah lembaga eksternal lainnya.

“Sekaligus mengumumkan kepada publik hasil penyelidikannya dengan transparan,” tuturnya.

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pun sebelumnya telah menegaskan bahwa pihaknya akan mengusut tuntas kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur tersebut, dimulai dari keterangan Ismail Bolong. (tra)

Pos terkait