Bupati Fadhil: Guru Memiliki Peran Penting Membentuk Karakter Anak

Pelantikan Guru
Pelantikan Guru

 

Batanghari.Jambi Seru– Bupati Batanghari M. Fadhil Arief melalui Sekretaris Daerah M Azan melantik 7 orang Guru Ahli Pratama (GAP) di ruang pola besar Kantor Bupati Batanghari, Selasa (01/12/2022).

Selain tujuh orang Guru, ada dua Auditor dan tiga Jabatan Tinggi Pertama (JPT) Pratama yang dilantik pada kali ini.

Sambutan Bupati MFA yang disampaikan oleh Sekda Azan, guru sebagai tenaga pendidik dituntut harus profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada satuan pendidikan tempat saudara-saudari bekerja. Guru sangat berperan penting dalam membentuk karakter anak.

“Profesi guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan dan pelaku utama dalam mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan Kabupaten Batanghari yang kita cintai ini. Namun perlu diingat pembenahan sektor pendidikan harus diikuti dengan peningkatan kualitas guru dengan guru yang berkualitas Insya Allah melahirkan peserta didik yang berkualitas,” kata Azan bacakan sambutan Bupati MFA.

Dijelaskan Azan, guru pada dasarnya adalah sebuah sintesa dari kalimat ‘digugu dan ditiru’ kata-kata penuh filosofi tentang ilmu hidup. Tentu sudah selayaknya guru bukan hanya menjadi penjembatan materi-materi pelajaran di sekolah.

“Namun lebih dari itu, guru merupakan orang tua kedua bagi murid di mana paling tidak seorang murid akan menghabiskan empat jam dalam sehari bersama sang guru di institusi pendidikan. Tak pelak peran guru bagi kehidupan masa depan sang anak juga signifikan dan itu menjadi bukti nyata bahwa filosofi guru bukan hanya sebagai katalisator ilmu-ilmu di bangku sekolah, namun lebih dari itu filosofi sang guru adalah seorang kreator masa depan menanamkan idealisme, motivasi dan harapan untuk masa depan anak didiknya,” imbuhnya.

Turut hadir Inspektur, Kasat Pol PP Sekdiskoimnfo, DPMPTSP, Kabankeuda, Staff Ahli, Kaban Bappeda, Asisten III, Kadis PDK, Kepala BKPSDMD serta para pejabat yang dilantik.

Adapun daftar tujuh Guru Ahli Pertama yang dilantik yakni NAMA MUHAMMAD SAB’IN GURU AHLI PERTAMA, NAMA EDY MULYONO GURU AHLI PERTAMA, NAMA SURANTI GURU AHLI PERTAMA, NAMA MIRA ASTRIA GURU AHLI PERTAMA, NAMA SUTERMAH GURU AHLI PERTAMA, NAMA A. ROMY WAHYUDIN GURU AHLI PERTAMA dan NAMA ANKGHA PUJA PRATAMA GURU AHLI PERTAMA.(riz)

Pos terkait