Kepastian Haji 2021 Belum Jelas, Ini Opsi yang Disiapkan Pemerintah

Ibadah Umrah Dibuka Lagi
Ilustrasi. [shutterstock]

JAMBISERU.COM – Hingga saat ini belum ada kepastian soal penyelenggaraan ibadah haji 2021. Menyikapi itu, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan beberapa opsi sebagai antisipasi pelaksanaan haji tahun ini di tengah masa pandemi.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaRindu Wo Haris? Ini Vlog Terbarunya Untuk Semua Masyarakat Jambi

“Untuk keberangkatannya menunggu kebijakan pemerintah Arab Saudi, kita (Pemerintah) juga mempersiapkan beberapa opsi,” ungkap Kepala Kemenag Merangin, Marwan Hasan, Kamis (21/1/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya Marwan, opsi pertama jemaah akan diberangkatkan dengan kuota penuh. Sedangkan opsi kedua, jemaah diberangkatkan dengan kuota terbatas sesuai kebijakan pemerintah Arab Saudi jika masa pandemi belum berakhir.

“Opsi ketiga, jemaah dibatalkan berangkat seperti musim haji 2020 lalu. Ini yang disampaikan Menteri agama dengan Komisi VIII DPR RI,” kata Marwan.

Kendati demikian, kuota jamaah haji Merangin, kata Marwan, ada 300 lebih jamaah haji 2020 lalu menunggu kepastian keberangkatan, bahkan sebagian besar jamaah sudah melakukan pelunasan.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaRekor! Ronaldo Sang Pencetak Gol Terbanyak di Dunia

“Untuk tahun ini kita belum tahu pasti berapa biaya keberangkatan haji, Nanti ada pengumuman yang disertai dengan jumlah kuota dan biaya pelunasan. Intinya kita terus menunggu kabar dari pemerintah,” tandasnya. (edo)

Pos terkait