Dr H Al Haris : Pertanian Organik Salah Satu Solusi Ketahanan Pangan

  • Whatsapp
Calon Gubernur (Bacagub) Jambi, Dr H Al Haris. Foto: Jambiseru.com
Calon Gubernur (Bacagub) Jambi, Dr H Al Haris. Foto: Jambiseru.com

Dr H Al Haris : Pertanian Organik Salah Satu Solusi Ketahanan Pangan

JAMBI – Kandidat Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jambi, Dr H Al Haris, menilai bahwa pertanian organik merupakan salah satu solusi ketahanan pangan. Selain efektif, pertanian organik juga efesien karena membutuhkan lahan yang tak terlalu luas.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : H Bakrie Terpilih Jadi Ketua DPW PAN Jambi, Ahmad Kausari Ucapkan Selamat

Ini Al Haris sampaikan ketika berkunjung ke lahan pertanian organik yang dikelola Mitra Aksi Foundation, Pijoan, Jambi Luar Kota, Muaro Jambi, Minggu (26/7/2020).

“Pembangunan membuat lahan pertanian makin sempit. Maka itu, pertanian organik merupakan solusi cerdas untuk ketahanan pangan khususnya di Provinsi Jambi,” kata Bupati Merangin 2 periode ini.

Ketua Dewan Pengurus Mitra Aksi Foundation, Drs H Hambali SSos, mendampingi Al Haris saat melihat secara langsung pertanian model organik tersebut.

Hambali memperlihatkan betapa subur jeruk girga yang ditanam di lahan itu, termasuk tanaman-tanaman khas Jambi juga tumbuh subur di lahan pertanian organik Mitra Aksi Foundation tersebut.

“Selain pembibitan dan karantina tanaman khas Jambi, kami juga memproduksi pupuk kompos sebagai penyubur tanaman yang ramah lingkungan,” jelas Hambali.

Hambali juga menjelaskan bahwa banyak project yang sudah dilakukan bersama Al Haris di Merangin. Karena itu, ia sengaja mengundang Al Haris untuk melihat progres pertanian organik yang dikelola organisasinya.

Baca Juga : PKS Resmi Dukung Anwar Sadat-Khairan di Pilkada Tanjab Barat

“Ke depan kita butuh tenaga-tenaga ahli di bidang pangan, untuk memperkuat ketahanan pangan. Apalagi Mitra Aksi sudah terbukti berhasil, jadi, ya, kita akan dukung lewat pembinaan dinas terkait,” tutup Al Haris. (*)

Pos terkait