Kapolda Hadiri Rakor se-Provinsi Jambi, Wujudkan Pemilu Damai

kapolda jambi, irjen pol. rusdi hartono saat hadiri rakor forkopimda se provinsi jambi.
Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono saat hadiri Rakor Forkopimda se-Provinsi Jambi.Foto: Bid Humas Polda Jambi

Jambi, Jambiseru.com – Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono mengikuti Rapat Forkopimda Se-Provinsi Jambi dalam rangka persiapan Pemilu Tahun 2024 pada Senin, (12/02/2024).

Pada kegiatan tersebut turut hadir Gubernur Jambi Al Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Danrem 042/Gapu Jambi Kolonel Inf Rachmat, Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi Enen Saribanon, Sekda Provinsi Jambi Sudirman, dan Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jambi membahas peran aktif Forkompimda dalam mendeteksi secara cepat potensi gangguan keamanan dan ketertiban Jelang Pemungutan suara.

Bacaan Lainnya

Tak hanya itu, Pemilihan Kepala Daerah serentak serta isu-isu aktual di Provinsi Jambi Tahun 2024 turut dibahas.

Kapolda Jambi turut memberikan saran dan pandangannya terkait situasi keamanan yang bisa terjadi saat pemilihan umum 2024 berlangsung.

Dikatakannya, kerawanan akan terjadi apabila ada pemilihan ulang (PSU), perlu antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi.

Selain itu, tahap penghitungan suara di TPS perlu diantisipasi. Pemda telah menyiapkan linmas untuk pengamanan, harap diploting dan diberdayakan potensinya.

Jenderal bintang dua tersebut juga menyampaikan, demonstrasi massa, dan Intimidasi dalam hal pemilihan menjadi kerawanan lain menjelang pemilihan. Eskalasi Polarisasi bisa terjadi yang dimulai dari tahap perbedaan pandangan ditengah Masyarakat, kemudian yang kedua sumbatan komunikasi yang terjadi karena berita hoax, tahap ketiga adalah diskriminasi.

“Apabila 3 tahap tersebut telah terjadi, kemungkinan akan muncul tahap ke empat yaitu Konflik yang perlu kita hindari bersama,” jelas Kapolda Jambi.

Selanjutnya, Polda Jambi tidak akan ragu untuk menindak tegas hal-hal yang sifatnya memecah belah, mengganggu keberagaman, persatuan, Kebhinekaan Negara. Kebersamaan, sinergitas, dan solidaritas seluruh elemen bangsa harus terus bersama demi Pemilu 2024 yang aman, damai, jujur, dan adil. (fok)

Pos terkait